KEMENTRIAN HUBUNGAN LUAR
BEM ITS 2019/2020

mentri

Bilal Imam Saputra

Teknik Perkapalan 2015

081316356090

Kementrian Hubungan Luar adalah kementrian yang membangun dan mengembangkan citra positif BEM ITS baik di dalam maupun di luar ITS serta di dalam maupun luar negeri. Kementrian ini juga membangun dan menjaga hubungan serta menjalin kerjasama dengan stakeholders BEM ITS, lembaga eksternal BEM ITS, dan alumni ITS.

DUA KEDIRJENAN HUBLU
BEM ITS 2019/2020

Kedirjenan Hubungan Politik dan Kerjasama Antar Lembaga

Mengelola startegi pelaksanaan dalam membangun dan menjaga hubungan eksternal BEM ITS dengan stakeholders, lembaga, masyarakat, dan elemen-elemen eksternal secara hangat dan terbuka.

Kedirjenan Komunikasi Internasional dan Kerjasama ASEAN

Membangun dan mengembangkan diplomasi serta kerjasama yang strategis dan mutualis di ranah internasional.

PROKER & AGENDA

BEM ITS Goes to Alumni

Merupakan agenda rutin Kementerian Hubungan Luar untuk melakukan kunjungan kepada alumni ITS guna membina hubungan baik dengan alumni baik Pengurus Pusat (PP) IKA ITS maupun Pengurus Wilayah (PW) IKA ITS yang tersebar di seluruh Indonesia.

BEM ITS Goes to Company

Untuk menunjukkan eksistensi keluarga mahasiswa ITS serta menjalin hubungan baik dengan perusahaan (company) di Indonesia, maka BEM ITS ingin mengadakan kunjungan ke perusahaan (company) di Indonesia ataupun bentuk kerjasama lain dengan pihak perusahaan yang dituju.

BEM ITS Goes to University

Merupakan agenda Kementerian Hubungan Luar untuk melakukan kunjungan ke berbagai universitas dengan bidang yang dianggap sama dalam hal penyikapan dan komparasi terkait isu yang dikawal oleh BEM ITS di berbagai daerah khususnya di pulau Jawa dan daerah Jawa Timur sendiri untuk mencitrakan BEM ITS dan KM ITS ke luar, dan membangkitkan pergerakan mahasiswa di universitas lain.

BEM ITS Goes to Government

Untuk menunjukkan eksistensi KM ITS serta menjalin hubungan baik dengan pemeritah, maka BEM ITS ingin mengadakan kunjungan ke lembaga pemerintahan yang meliputi yang dirasa dapat membantu pergerakan mahasiswa. Kunjungan ini dilaksanakan agar dapat terjalin sebuah kerjasama antara pemerintah dengan BEM ITS baik dalam pendanaan program, kerjasama program, atau kerjasama gerakan. Sehingga akan terbina hubungan baik antara BEM ITS dengan pemerintah.

Humas Gathering

Melakukan pertemuan antara  Kepala  Departemen  Hubungan  Luar/ Hubungan Masyarakat / Eksternal Ormawa Eksekutif di KM ITS.

Open House

Open House BEM ITS ini yakni sebuah agenda penyambutan stakeholder BEM ITS yang melaksanakan kunjungan ke ITS. Stakeholder yang berkunjung pun bermacam-macam, mulai dari ormawa lain (di dalam KM ITS), organisasi mahasiswa eksternal, hingga BEM universitas lain.

Public Relation Training

Merupakan kegiatan controlling untuk pelatihan public relation untuk fungsionaris Ormawa ITS agar dapat memiliki keterampilan dalam menjalin komunikasi dengan stakeholder yang dilaksanakan oleh BEM Fakultas. Diharapkan, fungsionaris ormawa ITS mampu menjual program kerja ormawanya kepada stakeholder untuk mendapatkan kerjasama yang menguntungkan organisasi terkait, baik dari segi finansial maupun pergerakan (movement).

Ini Lho ITS! 2020

Ini Lho ITS merupakan suatu kegiatan mengenalkan ITS ke seluruh Indonesia yang dinaungi Kementerian Hubungan Luar BEM ITS. Panitia Ini Lho ITS berkerjasama dengan seluruh Himpunan Mahasiswa Departemen (HMD) serta seluruh Forum Daerah (FORDA) yang ada di ITS untuk memperluas pengenalan ITS dengan konsep Open Campus serta ‘Visit and Welcome’.

Integrated Public Relation System (IPRS) of BEM ITS

Integrated public relation system of BEM ITS meliputi input data form online yang telah disediakan Kementerian Hubungan Luar BEM ITS sehingga terbentuk suatu sistem terintegrasi mengenai pendataan stake-holder yang dimiliki oleh BEM ITS dan konsultasi mengenai hal-hal yang berkenaan dengan stakeholder. Setelah database terintegrasi, dilakukan sponsorship mapping untuk ormawa-ormawa di KM ITS termasuk kementerian lain dan BSO di dalam BEM ITS yang membutuhkan bantuan dalam memetakan dan menghubungi sponsor.

International Fair

Kegiatan big event berupa pekan raya/ exhibition yang bertemakan ‘In-ternasionalisasi’ seperti student exchange/study abroad, global social project, dsb. Kegiatan ini bekerjasama dengan stakeholder BEM ITS dan KM ITS seperti manajemen ITS, pemerintahan, ITS International Office, NGO, experts.

Present Yourself from Different Perspective (PSDP)

Pelatihan untuk pengembangan skill public speaking yang tidak hanya terbatas oleh satu sisi. Public speaking yang dimaksud bisa dilihat dari sisi profesional kerja meliputi job preparation training dan pembuatan MoU, CVs, Motivation Letter, akademisi, dan lain-lain.

Weekly Article

Pengangkatan isu terkait masalah global/internasional yang dilaksanakan tiap minggunya dengan membuat infografis. Infografis ini akan di post di sosial media BEM ITS dan di promote ke eksternal. Apabila secara parameter tertentu diminati oleh khalayak umum, maka topik tersebut akan dibawa ke sebuah konferensi pada akhir kepengurusan.

Foreign Campus

Salah satu upaya kerjasama BEM ITS dengan kampus-kampus yang berada di luar negeri khususnya dalam lingkup ASEAN seperti NTU, Nanyang, Chula, UTM, dll. Bentuk kegiatan meliputi, tetapi tidak dibatasi, oleh:

1.Information exchange dengan kampus luar.

2.Pendelegasian mahasiswa untuk event, exchange.

3.Event making collaboration dengan mahasiswa asing.

International Bodies

Bentuk kerjasama BEM ITS untuk mencitrakan dirinya melalui lembaga atau pemerintah internasional (PBB, ASEAN, Kedutaan, Kementerian Luar Negeri RI, dsb.). Bentuk kegiatan meliputi, tetapi tidak dibatasi, oleh:

1.Billateral agreement dengan pihak stakeholder.

2.Kerjasama untuk kolaborasi.