KEMENTRIAN PEREKONOMIAN
BEM ITS 2019/2020

mentri

Albert Caesario

Teknik Perkapalan 2015

081293135206

Kementrian Perekonomian mengoptimalkan sinergi antar substansi kewirausahaan tingkat mahasiwa, mengawal implementasi pengembangaan kewirusahaan mahasiswa yang terstandarisasi, mewujudkan penyelenggaraan kegiatan kewirausahaaan yang layak bagi tiap mahasiswa, himpunan, dan fakultas di ITS serta menyajikan referensi bidang ekonomi yang faktual dan aktual.

TIGA KEDIRJENAN PERKOM
BEM ITS 2019/2020

Kedirjenan Ekonomi Institut

Bergerak dalam penyinergian dan optimalisasi kewirausahaan himpunan atau fakultas.

Kedirjenan Riset dan Publikasi Ekonomi

Bergerak dalam bidang penelitan bisnis dan ekonomi kampus.

Lembaga Praktik Bisnis (Perkompreneur)

Unit pengeloal bisnis atau pun jual beli.

PROKER & AGENDA

Database Wirausaha

Kurangnya informasi mengenai karya mahasiswa di bidang kewirausahaan, sehingga kegiatan kewirausahaan menjadi salah sasaran. Selain itu, kurang terpublikasinya mahasiswa yang beriwirausaha di ITS. Oleh karena itu, diperlukan suatu database mengenai karya mahasiswa di bidang kewirausahaan. Database sendiri ini merupakan kumpulan data mahasiswa yang berwirausaha di ITS yang dihimpun melalui KWU HMD. Yang mana nantinya database ini akan memberikan informasi bagi calon dan/atau wirausahawan ITS.

Publikasi Ekonomi

Demi menciptakan iklim kewirausahaan, dan tercapainya pencerdasan isu ekonomi maupun kondisi pasar dalam skala regional dan nasional, maka diadakan suatu genda publikasi ekonomi ini. Publikasi ekonomi ini nantinya akan mengangkat perihal kondisi pasar dan isu ekonomi di ITS dan Indonesia. Yang nantinya publikasi berupa infografis yang diunggah di intagram BEM ITS.

Economic Forum (EF)

Dengan mengetahui akar permasalahan ketidakjelasan batasan ranah kerja antar elemen kewirausahaan di ITS (Perkom, Kopma, dan TDC) maka dibuatlah suatu forum diskusi. Forum diskusi ini bertujuan untuk mendapatkan kesepakatan bersama mengenai batasan ranah kerja setiap elemen (Perkom, Kopma, dan TDC) dan penginfoan kepada organisasi kewirausahaan dilingkup departemen

Kunjungan Departemen

Kunjungan departemen merupakan suatu kegiatan dimana kementerian Perekonomian BEM ITS terjun langsung dalam melaksanakan pengawasan (controlling) LKMW TD pada saat pra acara dan pasca acara dan ditunjang dengan pembuatan SOP pelaksanaan LKMW TD.

BEM ITS Official Merchandise (BOM)

Pengadaan merchandise khas ITS yang bertujuan untuk mencari profit dari usaha potensial.

Perkom on Project (POP)

Memfasilitasi dan mengkoordinir kebutuhan mahasiswa ITS dalam penyewaan inventaris kementerian perekonomian BEM ITS.

PAMMITS

Pasar Malam Minggu ITS atau lebih dikenal dengan PAMMITS adalah sebuah sarana transaksi jual beli sebagai ajang berwirausaha untuk kalangan mahasiswa dan umum. PAMMITS sendiri bertujuan untuk menumbuhkan iklim kewirausahaan di lingkungan kampus ITS dan sekitarnya serta sebagai wadah berwirausaha bagi kalangan mahasiswa dan umum.