KEMENTRIAN SOSIAL MASYARAKAT
BEM ITS 2019/2020

mentri

Aditya Zahid Pamuncak

Teknik Elektro 2015

087887471860

Kementrian Sosial Masyarakat sebagai pusat kolaborasi pergerakan sosial masyarakat KM ITS dengan semangat berkarya dan istiqomah dalam kemanfaatan serta menjadi teman dekat masyarakat.

TIGA KEDIRJENAN SOSMAS
BEM ITS 2019/2020

Kedirjenan Pengabdian Masyarwakat

Meningkatkan kolaborasi pergerakan dan pembekalan untuk pergerakan sosmas KM ITS.

Kedirjenan Lingkungan Hidup

Meningkatkan kolaborasi pergerakan dan kepekaan dalam bidang lingkungan hidup di KM ITS

Kedirjenan Ruang Publik

Meningkatkan kepekaan dalam bidang sosial masyarakat di KM ITS

PROKER & AGENDA

Social Development Community School

Social Development Community School (SCS) merupakan sebuah bentuk pelatihan yang berguna untuk memberi pembekalan ilmu mengenai kesosialmasyarakatan, serta untuk meningkatkan kepekaan dan kepedulian Staff Kementrian Sosial Masyarakat BEM ITS 19/20 demi terselesaikannya masalah yang ada di lingkungan sekitar dengan simulasi aplikatif terkait materi yang telah disampaikan kepada peserta.

Social Gathering (SocGath)

Kegiatan ini merupakan tools yang mempertemukan antara Sosmas BEM ITS dengan BEM Fakultas dan HMD yang ada di ITS. Kegiatan ini untuk melakukan pendekatan dan pertemuan kepada BEM Fakultas dan HMD yang ada di KM ITS. Pendekatan dan pertemuan ini mempunyai output untuk mengetahui kondisi Sosmas di KM ITS dan mengetahui perkembangan pergerakan Sosmas di KM ITS.

Social Integration (SOCIN) 

Social Integration merupakan suatu bentuk aplikasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat ring 1 ITS berdasarkan pada social mapping yang telah terbentuk. Pada kegiatan ini, akan diadakan kerjasama dengan BEM Fakultas yang ada di KM ITS untuk mengabdi pada masyarakat dalam bentuk kegiatan secara eventual maupun berkelanjutan.

Budaya Peduli Bencana (BUDAPENA)

Kegiatan antara lain terdiri dari Sosmas Care yang merupakan ekspresi belasungkawa terhadap bencana dalam bentuk infografis yang dipublikasikan serta kegiatan penggalangan dan atau donasi terhadap masyarakat yang terkena bencana. Selain itu juga terdapat forum koordinasi antar elemen mahasiswa tanggap bencana ITS, dan pelatihan volenteer peduli bencana.

Sosmas Goes To Masyarakat (SGM)

Kegiatan berupa survei langsung ke masyarakat masyarakat sekitar ITS terkait kondisi dan permasalahan masyarakat. Setelah itu, data di olah dan di analisis sehingga menghasilkan sebuah buku social mapping yang berisi data hasil kondisi, permasalahan, dan kebutuhan masyarakat di sekitar ITS. Hal tersebut kemudian dapat menjadi acuan bagi mahasiswa untuk melakukan pergerakan sosial sesuai dengan permasalahan dan kebutuhan di masyarakat. Setelah terumuskannya buku social mappping tersebut, kemudian dilakukan penyaluran bantuan  sesuai kebutuhan masyarakat. Bantuan dihimpun dari berbagai organisasi mahasiswa terkait yang beraliansi dengan BEM ITS.

Mari Kita Resah (Markisah)

Melakukan kajian terkait isu sosial masyarakat yang berkembang di Indonesia lebih sempitnya di Kota Surabaya. Kajian dilakukan dengan mendalami latar belakang isu permasalahan, menentukan tujuan hasil kajian, melakukan analisis berdasarkan hasil survei yang dilakukan terkait isu, hingga merumuskan solusi  dan rekomendasi permasalahan yang dikaji. Hasil kajian kemudian dipaparkan kepada KM ITS melalui media pengisuian guna meningkatkan kepekaan KM ITS terhadap isu sosial masyarakat di sekitar.

ITS Green Campaign

Kegiatan ITS Green Campaign ini dikemas dalam bentuk campaign untuk KM ITS ataupun luar KM ITS mengenai lingkungan hidup. Kegiatan dilaksanakan secara langsung dan tidak langsung. Kegiatan tidak langsung berupa pembuatan Proker-Proker pemberian infografis tentang isu-isu lingkungan hidup atau pembuatan video atau media campaign yang lain untuk membahas isu-isu lingkungan hidup di dalam maupun diluar ITS melalui Official Account BEM_ITS.  Kegiatan campaign secara langsung dilaksanakan dalam bentuk lomba-lomba atau event menarik dengan pemberian hadiah yang berhubungan dengan lingkungan hidup.

Surabaya Green Action

Kegiatan pergerakan lingkungan hidup yang berupa pembuatan event untuk KM ITS dan berkolaborasi dengan ormawa-ormawa dan Kelompok lingkungan hidup di ITS, serta dari pihak pemerintah melalui Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya. Acara berupa pemberian materi dan pengimplementasian materi berupa pergerakan ke masyarakat dan ke departemen masing-masing perwakilan ormawa. Perwakilan ormawa akan berdiskusi dan menganalisa kendala-kendala serta hal yang dibutuhkan khususnya dalam bentuk material yang akan disampaikan ke birokrasi melalui UP4 untuk proses pengadaan material tersebut.

Forum Bolo Eco Campus

Forum Bolo Eco Campus ini merupakan wadah bagi ormawa, UKM dan komunitas lingkungan hidup di ITS untuk melakukan sebuah diskusi mengenai masalah-masalah lingkungan hidup yang ada di ITS. Forum ini akan melanjutkan output yang telah didapat dari forum sebelumnya yaitu dengan dibuatnya suatu kajian mengenai bentuk Bolo Eco Campus untuk memperjelas bentuk dan eksistensi forum ini. Selanjutnya kajian tersebut akan disampaikan kepada anggota forum dan dilakukan followup kembali dengan melakukan hearing kepada setiap kelompok lingkungan hidup dan ormawa di ITS.