PLCE 18 May 2019

PLCE 18 May 2019

18 Mei 2019, Di ruang BB302 — PLCE (Public Lecture Chemical Engineering) dilaksanakan. Dengan peserta yaitu mahasiswa Departemen Teknik Kimia Industri. Pada PLCE kali ini, peserta mendapatkan materi tentang Basic Lubrication dan Plastycs Industry. PLCE ini dilaksanakan dengan harapan nantinya mahasiswa Departemen Teknik Kimia Industri ini dapat mengenal dan mengetahui gambaran seputar dunia keteknikkimiaan yang ada di ranah kerja nanti. Untuk PLCE kali ini peserta PLCE yaitu mahasiswa Teknik Kimia Industri disuguhkan dengan pemateri yang berasal dari alumni DIII Teknik Kimia Industri Fakultas Vokasi ITS.

Dalam materi pertama dibawakan oleh mas bragas Prakasa. Tentang Basic Lubrication, Peserta diberikan pemahaman tentang bagaimana pengaplikasian di industri dibidang pelumasan pada suatu mesin atau matel yang membutuhkan pelumasan. Dengan adanya pelumasan adalah suatu kegiatan aktifitas dimana meminimalisir kontak antara permukaan metal yang bergesekan. Dalam pembuatan liquid pelumas ini, juga menggunakan prinsip fraksi pada synthetic oil yang nantinya ber-output-kan jenis minyak yang berbeda-beda sesuai dengan fungsinya masing-masing. Peserta juga diajarkan tentang klasifikasi oli dan kegunaannya oli bagi mesin yang sesuai dengan kebutuhan dari kendaraan bermotor ataupun komersial diesel.

Dan dalam materi kedua dibawakan oleh mbak sunu yang juga merupakan alumni dari DIII Teknik Kimia Industri Fakultas Vokasi ITS. Dalam materi sesi dua ini peserta diperkenalkan tentang pembuatan bijih plastik yang dihasilkan dari minyak bumi. Dan juga diperkenalkan berbagai macam jenis polimer, dimulai dari homopolimer, copolimer, dan klasifikasi dari jenis-jenis bijih plastik beserta kegunaannya. Dan menjelaskan ranah keteknikkimiaan pada industri plastik.

Pada hasil outputannya diharapkan mahasiswa departemen teknik kimia industri yang mengikuti PLCE ini dapat memahami ranah keteknikkimiaan yang dibawakan pemateri pada bidang lubricant and lubrications dan plastycs industry.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *