Orientasi Keprofesian dan Kompetensi Berbasis Kurikulum (OKKBK)

Orientasi Keprofesian dan Kompetensi Berbasis Kurikulum (OKKBK)

Orientasi Keprofesian dan Kompetensi Berbasis Kurikulum atau yang disingkat dengan OK2BK merupakan acara rutin tahunan yang diselenggarakan untuk mahasiswa baru dan biasanya diadakan sebelum kegiatan kuliah dimulai. Selayaknya jurusan lain yang mengadakan OK2BK ini, Departemen Teknik Kimia Industri FV ITS pun juga melaksanakannya. Seperti tahun sebelum-sebelumnya, tahun ini Departemen Teknik Kimia Industri mengadakan OK2BK khusus mahasiswa baru 2019.

OK2BK sendiri diselenggarakan untuk mempersiapkan mahasiswa baru menghadapi dunia perkuliahan. Biasanya, dalam susunan acara OK2BK mahasiswa baru akan diperkenalkan mengenai dunia akademik maupun non akademik selama 4 tahun ke depan yang ada di jurusannya hingga ITS. Sehingga mahasiswa baru siap melangkah lebih jauh dengan mengetahui dan mempersiapkan hal-hal dan pilihan yang akan diambilnya kelak di dunia perkuliahannya. Materi yang ada pun sudah dipersiapkan berdasarkan kebutuhan mahasiswa baru yang perlu diketahui dan dipersiapkan sebelum memasuki dunia perkuliahan. Pemateri yang mengisipun merupakan orang-orang yang berpengaruh dalam ITS maupun departemen Teknik Kimia Industri sendiri, bahkan beberapa dosen dan staff TU mengahadiri dan mengisi acara OK2BK tersebut. Terlebih, menurut Alvin selaku KOC OK2BK 2019, OK2BK tahun ini tampak berbeda dari tahun sebelum-sebelumnya dengan berhasilnya panitia mendatangkan pemateri Presbem ITS tahun ini.

Menurut  Lulu dan Nugroho selaku mahasiswa baru 2019, banyak hal yang mereka dapatkan dari mengikuti acara OK2BK ini seperti mendapat teman dari seluruh wilayah Indonesia sehingga dapat menjadi relasi yang baik kedepannya, mengetahui informasi mengenai kegiatan akademik di  Departemen Teknik Kimia Industri serta informasi mengenai kegiatan internasional di ITS, mendapatkan pengalaman baru, dan mendapatkan didikan yang menarik dari dosen, pemateri serta mas mbak Teknik Kimia Industri, mendapat ilmu baru dari pemateri yang dapat mengasah hard skill dan soft skill untuk bisa membanggakan ITS kedepannya. Dengan terselenggaranya OK2BK ini diharapkan mahasiswa baru dapat mengaplikasikan dan mengimplementasikan hal yang didapatkan dengan baik di perkuliahannya kelak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *