Menumbuhkan Jiwa Enterpreneur Guna Menjawab Tantangan Revolusi Industri 4.0

Menumbuhkan Jiwa Enterpreneur Guna Menjawab Tantangan Revolusi Industri 4.0

Pada tahun 2018, di negara maju rata-rata 14% dari total penduduk usia kerja adalah enterpreneur, sementara di Indonesia hanya mencapai 3,1% yang menyebabkan Indonesia menempati peringkat ke-94. Posisi ini jauh di bawah Negara ASEAN lainnya yang menunjukan masih rendahnya tingkat kewirausahaan Indonesia. Salah satu penyebab rendahnya tingkat kewirausahaan yakni sistem pendidikan yang kurang mendorong mahasiswanya untuk berkembang menjadi seorang entrepreneurship.
Status wirausahawan saat ini masih dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Berwirausaha dianggap sebuah profesi yang kurang menjanjikan, perlu waktu lama untuk bisa menjadi seorang yang sukses. Latihan Keterampilan Mahasiswa Wirausaha Tingkat Dasar atau yang biasa disingkat LKMW-TD, merupakan suatu pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa Teknik Kimia Industri FV-ITS dalam proses penggalian ide dan menuangkannya dalam bentuk Bisnis Model Canvas. Peserta LKMW-TD tahun 2019 ini merupakan mahasiswa baru tahun ajaran 2019 Teknik Kimia Industri 2019 dengan mengangkat tema “Menumbuhkan Jiwa Enterpreneur Guna Menjawab Tantangan Revolusi Industri 4.0” diharapkan dengan adanya pelatihan ini, mahasiswa dapat mengenal kondisi dan iklim kewirausahaan di ITS serta termotivasi untuk memulai wirausaha dan bisa merencanakan karir kewirausahaanya di Kampus, dengan begitu mereka dapat menciptakan suatu gagasan ekonomis. Untuk memenuhi target yang akan dicapai pada pelatihan ini, materi mengenai kewirausahaan seperti Wawasan dan Motivasi Bisnis, Design Thinking, serta BMC (Business Model Canvas)
LKMW-TD ini juga memberikan kesempatan kepada peserta untuk membuat BMC sendiri untuk lebih paham mengenai BMC itu sendiri. Selain materi, LKMW-TD ini juga memberikan sarana praktik berwirausaha bagi peserta. Peserta berwirausaha di CFD Taman Bungkul, Surabaya dengan menjual makanan atau minuman hasil kreasi mereka sendiri dan dengan harga yang sudah mereka tetapkan sendiri. Dengan pemenuhan pengetahuan kewirausahaan melalui materi maupun praktik, diharapkan dapat ditanamkannya jiwa kreatif serta wirausahawan peserta LKMW-TD bukan hanya saat pelatihan saja, namun pasca pelatihan dan seterusnya, sehingga mahasiswa dapat menambah jumlah wirausahawan sukses di Indonesia .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *