National Innovation Project 2020

National Innovation Project 2020

ICHEVO adalah Big Event terbesar dari Departemen Teknik Kimia Industri FV-ITS . ICHEVO merupakan kegiatan yang mewadahi siswa/siswi  SMA/K sederajat untuk mengembangkan ide berupa inovasi yang menunjang pada  penguasaan keahlian terapan dan dapat menghasilkan produk atau alat. Nah ICHEVO memiliki sub-event yaitu NIPRO (National Inovation Project). Kegiatan ini merupakan kompetisi inovasi alat maupun produk dalam bidang keilmuan Teknik Kimia guna mewadahi siswa/i  SMA/K sederajat untuk menuangkan ide dan gagasannya yang dapat diterapkan dalam masyarakat.

NIPRO 2020 dilaksanakan selama 3 hari pada tanggal 28 Februari – 1 Maret 2020. Final NIPRO dilaksanakan pada tanggal 29 Februari 2020, NIPRO terdapat 3 tahap seleksi yaitu seleksi abstrak, seleksi fullpaper, dan final. Peserta seleksi abstrak diikuti oleh 412 team, 80% peserta berasal dari Jawa Timur dan 20% peserta berasal dari luar Jawa Timur. Setelah itu untuk seleksi fullpaper diterima sebanyak 125 team. Kemudian untuk final NIPRO dilaksanakan di Departemen Teknik Kimia Industri FV-ITS dan  Gedung Robotika ITS yang diikuti oleh 25 team finalis. Acara pada hari pertama yaitu Technical Meeting di Departemen Teknik Kimia Industri FV-ITS dan mobilisasi menuju Gedung Robotika ITS untuk mendekorasi stan yang akan digunakan peserta. Kemudian pada hari kedua, rangkaian acara NIPRO 2020 adalah pameran yang bertempat di Gedung Robotika ITS dan juga ada penampilan akustik dari mahasiswa departemen Teknik Kimia Industri. Pada hari ketiga acara NIPRO 2020 dilanjutkan dengan rangkaian acara seminar, pengumuman juara dan ditutup dengan touring Surabaya (Jembatan Suramadu).

Pemenang NIPRO 2020 Untuk peraih 3 Medali Emas yaitu oleh juara 1 dimenangkan oleh SMAN Negeri 7 Kediri,  juara 2 dimenangkan oleh SMKN 1 Kediri, juara 3 dimenangkan oleh SMAN 1 Gresik. Selanjutnya peraih medali 6 medali perak dimenangkan oleh SMA Negeri 3 Surabaya, SMK Telkom Malang, SMK Negeri 1 Cerme, SMK Negeri 1  Tuban, SMA Negeri 3 Jombang, dan MAN 2 Ponorogo. Peraih 9 Medali Perunggu yaitu 7 medali diraih MAN 1 Kudus, 2 medali lainnya diraih oleh SMK Telkom Malang, dan SMA Negeri 1 Sumbawa Besar. Stan Ter-Favorite dan Best Poster dimenangkan oleh SMA Negeri 1 Sumbawa Besar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *