ARTIKEL, Event

BARONAS 2019

"Transformasi Teknologi Untuk Pelestarian Budaya Indonesia"

Lomba Robot Nasional BARONAS 2019 merupakan lomba robotika yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknologi Elektro (FTE), Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya yang diperuntukkan bagi siswa SD, SMP, SMA, maupun umum. BARONAS diselenggarakan dengan tujuan untuk memperkenalkan dan mengasah kemampuan masyarakat Indonesia dalam bidang Teknologi Robotika. BARONAS 2019 yang mengangkat tema "Transformasi Teknologi Untuk Pelestarian Budaya Indonesia" dilaksanakan pada tanggal 23–24 Maret 2019 di gedung Robotika ITS.

Kompetisi yang diikuti oleh 70 peserta dari kategori SD, 45 peserta kategori SMP, 24 peserta kategori SMA, dan 29 kategori umum ini dibuka dengan sambutan dari ketua panitia BARONAS 2019, Almizan Arianto, dilanjutkan sambutan dan pemukulan gong sebagai simbolis oleh Dekan Fakultas Teknologi Elektro, Dr. Tri Arief Sardjon, ST MT. dan penampilan tari dari perwakilan mahasiswi FTE menandai secara resmi dibukanya acara tersebut.

Sebelum pertandingan setiap tim dari semua kategori diberi kesempatan untuk melakukan free practice (1x running) dengan durasi waktu empat menit. Sistem pertandingan antar kategori sendiri berbeda bahwasannya untuk hari pertama yaitu babak penyisihan pada kategori akan diambil sebanyak 32 tim, sedangkan kategori SMP sebanyak 24 tim, kategori SMA sebanyak 16 tim, dan kategori umum yang lolos penyisihan grup. Perebutan tempat pada babak selanjutnya membuat atmosfer pertandingan semakin sengit. Semua tim berjuang dengan maksimal agar robot yang telah dirakit dapat lolos, tak terkecuali salah satu tim dari kategori SMP yang berasal dari SMP Al – Hikmah Surabaya yaitu tim R3. Mereka bercerita bahwa mereka sangat optimis untuk menyabet gelar juara, karena mereka telah melakukan persiapan yang matang selama 1 bulan.

Pada hari kedua, setiap tim yang telah lolos hari pertama kembali bertanding untuk memperjuangkan gelar juara. Setelah perlombaan panjang, berikut ini adalah para juara dari BARONAS 2019. Pada kategori SD Juara 3 diraih oleh tim MUDIPAT 1, Juara 2 diraih oleh tim ALKABOT 2, dan Juara 1 adalah tim SD Al Falah 1. Untuk kategori SMP Juara 3 diraih oleh tim ES THE JUMBO, Juara 2 diraih oleh tim MTS Tawon 1, dan Juara 1 adalah tim Tazkia. Sedangkan untuk kategori SMA Juara 3 diraih oleh tim E ROBOTIC SMANSA KENDARI B, Juara 2 diraih oleh tim E ROBOTIC SMASNSA KENDARI D, dan Juara 1 adalah tim E ROBOTIC SMANSA KENDARI C. (Aul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *