Share Your Story: Kumamoto Summer Program 2019

Halo Pemberi Arti!

Share your story datang lagi! Pada kesempatan kali ini kami berkesempatan untuk mewawancarai Helmi dari Dhistakarna!

Helmi memilih Kumamoto karena program ini diadakan saat libur semester dan program ini diadakan di Jepang yaitu salah satu negara yg ingin ia kunjungi. kegiatan program ini sebagian besar membahas mengenai hal tentang Jepang serta beberapa kegiatan lain adalah praktek dan presentasi ke orang Jepang langsung.
Kesulitan yang dihadapi ialah kesulitan dalam berbahasa, dimana tidak semua orang Jepang bisa berbahasa inggris. Jadi disarankan untuk sudah belajar dasar – dasar bahasa Jepang sebelumnya. Selain bahasa, untuk mencari makanan halal juga sulit.

Program ini fokus kepada Jepang sendiri, seperti aspek budaya, alam, kehidupan disana. Meskipun program ini tidak merujuk ke mata kuliah SI, penjelasan dari materi ini lumayan padat dan beberapa langsung dipraktekkan.

Sebelum mengikuti program ini Helmi juga menjalankan dua seleksi, yaitu seleksi dari ITS IO berupa pertanyaan yang tidak begitu sulit, lebih dilihat mengenai kesanggupan akan biaya, bahasa inggris dsb. Selanjutnya akan diseleksi oleh Kumamoto University berupa seleksi dokumen seperti GPA, TOEFL, dll.

Helmi berpendapat bahwa program ini pantas untuk diikuti, karena bila menunggu untuk mengikuti program yang spesifik dengan departemen kita itu tidak banyak & lumayan ketat dengan berbagai syarat. Menurutnya lebih baik memulai dulu program kemanapun dirasa baik untuk dicoba. Tidak semua orang punya privilege untuk mendapatkan International Exposure, jadi bila kalian mampu dan punya motivasi untuk belajar keluar, langsung ikut saja, materinya pasti berguna untuk masa depan. Helmi sendiri mengikuti program ini atas keinginan untuk mendapatkan hal yang menurutnya tidak bisa didapatkan di ITS. Disarankan untuk mengikuti program apapun yang menarik minat dan serius dalam menjalaninya, tidak akan rugi kok!

Ingin tahu informasi menarik lainnya? Yuk, kunjungi website HMSI FTIK ITS
di hima.is.its.ac.id
dan ikuti media sosial HMSI FTIK ITS lainnya di
hima.is.its.ac.id/medsos

#ShareYourStory
#EApollo
#HMSIBeraniBerarti