Tinggalkan Budaya Penamaan Lama, Google Resmi Luncurkan Android 10

Google baru-baru ini mengeluarkan sistem operasi baru yang diberi nama Android 10 atau bisa disebut dengan Android Q, meninggalkan budaya penamaan kudapan pemanis atau dessert yang biasa mereka gunakan untuk versi sebelumnya seperti Nougat atau Jelly Bean. Android Q resmi dirilis pada 3 Sepetember 2019 oleh Google. Ponsel milik Google, Google Pixel, merupakan ponsel pertama yang menggunakan teknologi ini. Sebelumnya, muncul nama prediksi makanan seperti Quesadilla atau Quiche yang akan menjadi penamaan Android Q, namun Google akhirnya memilih untuk menyederhanakan penamaannya dengan merilis Android 10. Google menyatakan, penyederhanaan nama dilakukan untuk lebih mengglobalkan sistem operasi dengan angka, yang sebelumnya cukup sulit dilakukan dengan nama dessert berurutan alfabet.

Seperti yang dilansir dalam situr resmi Android, Android 10 hadir dengan sembilan fitur andalan yakni, Live Caption yang akan mengautomatisasi  caption di ponsel saat melihat video, podcast maupun rekaman tanda menggunakan paket data, Smart Reply yang akan memberikan saran dan mengarahkan pengguna kepada tindakan lanjut yang mungkin dilakukan, Sound Amplifier yang akan menyaring noise dan menyempurnakan tune, Gesture Navigation yang menawarkan gestur baru yakni swipe layar ponsel dari ujung kanan ke kiri untuk perpindahan aplikasi, Dark Theme yang membantu daya baterai lebih tahan lama, Privacy And Location Control yang mengoptimalkan pengaturan privasi dan penyimpanan data menjadi satu, Security Updates yang akan memberi notifikasi keamanan dan privasi dengan Google Play, Focus Mode yang dapat menghentikan sementara kinerja dan notifikasi aplikasi, serta Family Link yang membantu orang tua untuk memantau aktivitas anak – anaknya dalam penggunaan ponsel.

Hingga saat ini Android 10 sudah dirilis pada beberapa ponsel keluaran terbaru yakni Asus Zenfone 5z, Essential PH-1, HMD Global Nokia 8.1, Huawei Mate 20 Pro, LG G8, OnePlus OP 6T, Oppo Reno, Realme 3 Pro, Sony Xperia XZ3, Tecno Spark 3 Pro, Vivo X27, Vivo NEX S, Vivo NEX A, Xiaomi Mi Mix 3 5G, dan Xiaomi Mi 9. (AA)

Sumber: https://www.android.com/android-10/

https://inet.detik.com/consumer/d-4692877/10-fitur-unggulan-android-10

Road to Success 2019

Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi kembali mengadakan sebuah gerakan inisiatif bersama dari Departemen External Affairs, Student Welfare, dan Human Resource Development, yaitu program Road to Success. Acara ini merupakan seminar yang membahas secara mendalam mengenai atmosfer dunia kerja dan bagaimana kita sebagai mahasiswa dapat mempersiapkan diri untuk terjun langsung ke dalamnya. Program ini juga memfasilitasi mahasiswa khususnya mahasiswa Departemen Sistem Informasi yang ingin melakukan tes TOEFL ITS yang berguna untuk menunjang kemampuan Bahasa Inggris, agar nantinya mereka dapat memenuhi syarat kelulusan dan pastinya tidak kalah bersaing di lingkungan kerja. 

Road to Success yang dilaksanakan selama 2 hari, yaitu pada tanggal 16 November 2019 dan 29 November 2019 yang dimulai dengan adanya seminar pada hari pertama. Seminar ini diisi oleh beberapa pemateri seperti Nauval Panca Atmaja dari PT Advotics Teknologi Global Jakarta yang membawakan materi wawancara dunia kerja, CV Building dan Job Interview diisi oleh Tegar Hamzah dari PT Pelindo, dan TOEFL Preparation oleh Luthfi Ashar Mauludin dari Universitas Airlangga. Pada hari kedua peserta difasilitasi untuk melakukan tes TOEFL di UPT Bahasa. Peserta dapat mengikuti semua rangkaian acara ini  hanya dengan membayar biaya sebesar Rp 75.000. Selain bisa mengikuti tes, peserta juga akan mendapat keuntungan lainnya seperti konsumsi dan cashback berupa fresh money apabila mencapai skor tertentu. (AN)