Expert Talks: Temukan Karir Masa Depan Kalian!

Halo, teman-teman Pembawa Perubahan! Wah, kemarin, kita sudah melaksanakan wisuda ke-123. Menarik nih teman-teman. Berbicara mengenai wisuda, tentu terlintas di benak kita bagaimana kehidupan pasca kuliah. Nah, langsung aja kita bahas yuk!

Pada artikel kali ini, kita akan membahas kehidupan pasca kuliah seputar karir masa depan apa yang bisa didapatkan Mahasiswa Sistem Informasi. Acara kali ini terbilang cukup spesial, dimana pada tanggal 11 April 2021, Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi telah menyelenggarakan sebuah acara yang mengundang beberapa alumni Sistem Informasi ITS yang telah sukses meniti karirnya, yakni Expert Talks. Acara ini diselenggarakan oleh departemen Technology Development HMSI yang mengusung tema “Develop your Future Career”. 

Expert Talks merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman teman-teman mengenai keprofesian Sistem Informasi kepada Mahasiswa SI dengan menghadirkan para expert di bidangnya. Mahasiswa yang mengikuti acara ini juga mendapat wawasan dalam bidang bidang keilmuan sistem informasi. Ada 4 bidang profesi yang dibahas pada acara ini, yaitu Product Designer, Data Scientist, Software Engineer, dan Product Manager. 

Acara Expert Talks dibuka dengan registrasi peserta dan pembukaan oleh Master of Ceremony (MC). Kemudian dilanjutkan dengan materi yang pertama, yakni Product Designer yang dibawakan langsung oleh Mas Ryan Handy Priyadma yang sekarang tengah menjadi Head of Product Design di Tiket.com. pada materi desain produk ini, mas Ryan menjelaskan beberapa hal terkait desain baik itu UI maupun UX. Ternyata desain ini terbagi menjadi 3 bagian, yakni Riset, Desain, dan Validasi. Dari 3 bagian itu dibagi beberapa spesialis dalam desain produk seperti UI/UX Designer, Researcher, Interaction designer, dan UX Researcher.

Kemudian ada materi kedua yang dibawakan oleh Mas Nikolaus Herjuno Sapto mengenai Data Scientist. Saat ini Mas Niko tengah bekerja sebagai Data Analyst di Traveloka. Disini mas Niko menjelaskan bahwa data Scientist ini mencakup beberapa hal, yakni Software Engineering, Math/Optimization, Statistika, dan Business Analytics.

Materi selanjutnya mengenai Software Engineer yang dibawakan oleh Mas Nauval Panca Atmaja sebagai Software Development Manager di Advotics. Mas Nauval menjelaskan bahwa tugas seorang Software Engineer adalah bagaimana membuat suatu produk yang memiliki fungsi dan mudah digunakan. Selain itu, Software Engineer ini juga akan memecahkan berbagai masalah yang membutuhkan Analytical Thinking, Technical Knowledge, dan Creativity.

Materi terakhir pada sesi Expert Talks ini mengenai Product Manager yang dibawakan langsung oleh Mas Tiyo Avianto sebagai Founder Paper Digital Nusantara. Pada sesi kali ini, Mas Tiyo memaparkan skill apa sih yang dibutuhkan oleh seorang Manajer Produk. Ternyata hal yang paling penting adalah mengenai skill Design Thinking yang dibutuhkan untuk menumbuhkan Inovasi. Design Thinking ini meliputi 5 tahapan dalam pelaksanaannya, yakni Emphatize, Define, Ideate, Prototype, Test, dan Implement.

Nah, seru banget kan materi Expert Talks kali ini! Buat yang ketinggalan, bisa mengikuti sesi Expert Talks di lain kesempatan, yaa. Semoga artikel tentang Expert Talks kali ini bermanfaat dan bisa memberikan wawasan baru mengenai dunia pekerjaan yang berkaitan dengan  keprofesian Sistem Informasi. Semangat dan Teruslah Berkarya!