Bersama Kita Menjaga Kesehatan Mental di Kehidupan Normal yang Baru

“Tidak apa-apa untuk merasa tidak baik-baik saja” – anonymous.

Ya, seperti itulah kehidupan. Tanpa kita sadari, ada banyak hal yang telah kita lalui. Seperti halnya saat ini, kita telah bertahan hampir dua tahun lamanya dengan kehidupan normal yang baru. Tak terasa bukan? Ini menjadi bukti bahwa kita semua adalah sosok yang kuat. Bukan berarti kita tak pernah lelah, hanya saja menjaga diri dari sesuatu yang hanya merugikan diri sendiri.

Bagi mahasiswa, penting untuk selalu menjaga semangat dalam kuliah. Tapi, apa itu berarti kita tidak pernah mengeluh? Tentu teman-teman pernah merasa kehilangan semangat, motivasi, hingga akhirnya memilih untuk menyerah. Apalagi saat ini kita dituntut untuk beradaptasi, bersaing dengan banyak orang hebat di luar sana. Pada akhirnya, hal tersebut membuat kita jatuh dan mengakibatkan kesehatan mental kita terganggu.

Kali ini, Departemen Student Welfare HMSI menyelenggarakan kegiatan yang menarik dan spesial yang mungkin berkaitan dengan masalah kesehatan yang ada saat ini yaitu, Health Care. Health Care merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi yang mengangkat tema mengenai Kesehatan. Tahun ini, Health Care diselenggarakan secara online berupa acara Webinar Kesehatan yang mengangkat tema mengenai Kesehatan Mental yang terjadi di masa kini dan bekerja sama dengan Riliv. 

Webinar ini dilaksanakan pada tanggal 8 Mei 2021 dengan rangkaian acaranya yakni, pemaparan materi “How to Strengthen Your Mental Health during Pandemic” dan terdapat sesi tanya jawab. Materi tersebut dibawakan langsung oleh Ibu Erwinda Tri Satya, M.Psi., Psikolog sebagai Keynote Speaker dari Riliv. Panitia merasa tema kesehatan mental ini sesuai dengan masalah mahasiswa saat ini, khususnya masalah stress yang sering dialami selama kuliah online ini. Menariknya lagi, pada sesi tanya jawab peserta dapat mengirimkan pertanyaan dan tanggapan secara anonim atau tidak diketahui identitasnya. Hal ini diminta langsung oleh pemateri karena merupakan hal yang krusial karena berkaitan dengan kesehatan mental.

Kegiatan webinar Kesehatan ini cukup diminati oleh mahasiswa Sistem Informasi. Total sekitar 78 peserta yang telah mengikuti rangkaian acara webinar Kesehatan yang diselenggarakan HMSI. Para peserta juga aktif dalam berdiskusi dan berani untuk bercerita mengenai pengalaman dan masalah yang sedang dihadapinya, tentunya melalui chat secara anonim. Peserta merasa nyaman dan aman untuk sekedar menyampaikan keluh kesahnya mengenai masalah apa yang sedang dihadapi saat ini.

Kendala yang dialami dalam menyelenggarakan Health Care ini adalah menghubungi pemateri yang memang memiliki jadwal yang padat. Sebelumnya panitia hanya menghubungi lewat email, tetapi karena tidak ada respon maka langsung beralih ke contact person pihak Riliv yang dapat dihubungi. Kemudian untuk komunikasi antar panitia sangat membantu dalam melancarkan acara. Adanya dukungan dari mahasiswa Sistem Informasi yang antusias membantu memeriahkan kegiatan Health Care tahun ini. 

Para peserta yang mengikuti Health Care merasa bahwa acara ini sangat membantu dan bermanfaat bagi mereka. Untuk kedepannya, banyak dari peserta yang berharap adanya acara yang Webinar Kesehatan Mental yang lebih spesifik seperti, stress, overthinking, ataupun self love. Peserta juga berharap sesi tanya jawab dan diskusi lebih diperpanjang agar bisa mendapatkan jawaban yang sesuai dan yang diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *