Mengenal Lebih Dekat Manusia-manusia Hebat Sistem Informasi ITS

Halo, teman-teman pembawa perubahan! Gak kerasa ya di semester ganjil ini sekarang sudah masuk minggu ke-7 perkuliahan. Semoga kalian masih tetap semangat kuliahnya ya!

Ngomong-ngomong soal kuliah, pastinya kita gak bakal lepas dengan jurusan kita yang tercinta ini kan. Sistem Informasi! Di jurusan sistem informasi ITS ini kita pastinya sudah  banyak berkenalan dengan manusia-manusia yang ada di dalamnya entah itu teman-teman seangkatan, kakak tingkat, adik tingkat, hingga yang pastinya bapak dan ibu dosen dong. Nah, maka dari itu kita akan membahas mengenai salah satu kegiatan dari Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi yang tepatnya diadakan oleh departemen Social Development yakni, SI Menyapa. 

SI Menyapa adalah kegiatan yang dibuat untuk membantu teman-teman mahasiswa Sistem Informasi mengenal lebih jauh mengenai civitas akademik yang ada di sekitar departemen Sistem Informasi ITS. Untuk kegiatan SI Menyapa itu sendiri nantinya teman-teman dari departemen Social Development akan mewawancarai dosen atau civitas sistem informasi untuk ditanya-tanya tentang kehidupan mereka lebih dalam. Seperti pengalaman-pengalaman yang mereka punya, alasan kenapa memilih pekerjaan ini, cerita-cerita yang ingin mereka bagikan untuk kita, serta kesan dan pesan dari mereka untuk mahasiswa Sistem Informasi secara langsung.

Tetapi semenjak awal tahun 2020, wabah pandemi COVID-19 mulai menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia, kuliah tatap muka pun dihentikan. Kegiatan perkuliahan yang tujuannya mempertemukan dosen dan mahasiswa, maupun mahasiswa dengan civitas yang lainnya secara langsung pun tidak bisa dilakukan. Termasuk kegiatan SI Menyapa yang sebelumnya dapat mewawancarai civitas sistem informasi tidak hanya dosen, seperti Pak Choi yang sering berada di parkiran atau Mas Nanok yang menjadi teknisi komputer Sistem Informasi. Kegiatan SI Menyapa kini tampil dalam format yang berbeda yaitu dengan memakai video meeting seperti Zoom atau Google meet untuk mewawancarai dosen.

Menurut Sausan Aulia Nur Azmy, selaku penanggung jawab dari kegiatan SI Menyapa yang diadakan oleh departemen Sosial Development HMSI. Masih banyak kendala terkait kegiatan SI Menyapa ini, seperti susahnya komunikasi dengan narasumber yang diinginkan dan jaringan internet yang terkadang menjadi masalah karena SI Menyapa sekarang dalam berbentuk format video meeting yang menyebabkan ada beberapa bagian yang terlihat nge-lag dan terlewati beberapa bagian saat dosen atau civitas sedang bercerita. 

Meskipun begitu, pesan dari SI Menyapa tetap dapat tersampaikan walaupun dalam bentuk online sekalipun. Seperti yang ada di video terbaru yaitu SI Menyapa Eps.2, yang kali ini berkesempatan untuk mewawancarai salah satu dosen sistem informasi, yaitu Bu Ika Nurkasanah. Jangan lupa untuk ditonton ya teman-teman! Eits, untuk kepengurusan HMSI ini juga rencananya bakal rilis 3 episode loh! Tetap nantikan juga ya teman teman kegiatan selanjutnya dari SI Menyapa, kira-kira siapa ya yang bakal diwawancara buat episode terakhir nanti. (Baharian Diko/SI2020)