Ajang Melestarikan Batik dengan Socio Act Hari Batik Nasional

Foto: Mahasiswa Sistem Informasi saat mengikuti Socio Act Hari Batik Nasional

Halo, Generasi Pionir! Tahukah kalian bahwa tanggal 2 Oktober setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Batik Nasional? Ditetapkannya 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional dikarenakan pada tanggal itu di tahun 2009 UNESCO meresmikan Batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity). Di lingkungan Departemen Sistem Informasi (DSI) ITS sendiri, seluruh sivitas akademika ikut meramaikan Hari Batik Nasional dengan adanya Socio Act yang diinisiasi oleh Departemen Social Development (SocDev) HMSI. Pembaca mungkin penasaran, sebenarnya apa, sih, Socio Act itu? Kami berkesempatan mewancarai Yogik, salah satu staf dari Departemen SocDev mengenai hal ini.

Secara garis besar, Socio Act merupakan gerakan sosial yang dilakukan dalam upaya meningkatkan kepekaan mahasiswa Sistem Informasi ITS di bidang Sosial Masyarakat. Kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan menyebarkan informasi dan seruan untuk melakukan sebuah gerakan atau aksi sosial bersamaan dengan diperingatinya hari sosial tertentu, misal saat Hari Batik Nasional kemarin.

Kemudian, mengapa SocDev memilih Hari Batik Nasional sebagai salah satu hari diadakannya Socio Act? SocDev sendiri berharap dengan mengangkat Hari Batik Nasional bisa menumbuhkan rasa kebanggaan dan kecintaan mahasiswa Sistem Informasi ITS terhadap kebudayaan Indonesia salah satunya Batik yang sudah diakui oleh UNESCO. Hari Batik yang sejatinya jatuh pada hari Minggu, 2 Oktober 2022 diputuskan untuk mengadakan Socio Act esok harinya pada hari Senin, 3 Oktober 2022. SocDev yang sudah menyiapkan photo booth kemudian menghimbau kepada seluruh sivitas akademika DSI untuk memakai batik pada hari Senin, 3 Oktober 2022 dan mengajak para mahasiswa untuk menyebarkan informasi dan seruan peringatan Hari Batik Nasional dengan berfoto di booth dan membagikannya melalui media sosial khususnya Instagram Story. 

Antusiasme mahasiswa Sistem Informasi untuk mengikuti Socio Act Hari Batik Nasional cukup tinggi. Hal ini terlihat dengan banyaknya mahasiswa yang meng-upload foto mereka di depan booth SocDev menggunakan busana batik serta menyerukan peringatan Hari Batik Nasional. SocDev cukup puas dan menganggap bahwa hal itu telah menggambarkan rasa kebanggaan dan kecintaan oleh mahasiswa Sistem Informasi terhadap kebudayaan indonesia khususnya pada pakaian batik.

Ayo, sebagai anak muda generasi penerus bangsa kita tetap lestarikan dan populerkan Batik sebagai kebanggaan Bangsa Indonesia di kehidupan sehari-hari! (YA)