Sistem Informasi Berbagi Ilmu dengan SIMETRI

Sistem Informasi Mengajar Teknologi Informasi atau yang biasa dipanggil dengan SIMETRI merupakan sebuah bentuk pengajaran berbasis IT yang pada tahun ini yang berfokus pada Pemrograman Web ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan serta kemampuan siswa terhadap teknologi informasi yang diselenggarakan oleh mahasiswa Sistem Informasi tiap tahunnya dengan topik yang berbeda-beda. 

Acara ini merupakan sebuah pengabdian kepada masyarakat yang diwadahi oleh Departemen Social Development HMSI dengan tujuan untuk berbagi ilmu pengetahuan yang telah dipelajari kepada masyarakat sekitar. Acara SIMETRI tahun ini, menargetkan anak SMA atau SMK sederajat dengan domisili Surabaya sebagai pesertanya dengan topik bahasan pembelajaran website development sederhana. 

SIMETRI 2022 tidak hanya merupakan acara yang memaparkan sebuah materi tetapi juga memberikan para peserta sesi hands-on yang merupakan praktik secara langsung dengan panduan para mentor. Acara ini juga memberikan keuntungan seperti memberikan pembelajaran yang mungkin para peserta belum bisa dapatkan di sekolah mereka serta mempromosikan departemen Sistem Informasi ITS.  

Acara SIMETRI 2022 dilaksanakan secara offline di departemen SI ITS tepatnya di gedung 1 departemen Sistem Informasi setiap minggunya pada hari sabtu. SIMETRI telah berlangsung selama 4 minggu yang di mulai pada tanggal 15 Oktober dan berakhir pada tanggal 5 November lalu. Acara ini memiliki dua divisi yaitu mentor dan staff, Staff yang bertugas pada acara ini merupakan mahasiswa Sistem Informasi angkatan 2020 sementara mentor yang bertugas merupakan mahasiswa Sistem Informasi 2021. 

“Menurut tanggapan aku, buat SIMETRI 2022 itu bisa dibilang sukses, hal itu bisa diliat dari antusias pesertanya sendiri mulai dari pendaftar yang melebihi ekspektasi kita, peserta yang semangat pada setiap pertemuannya dalam 4 minggu ini dan interaksi yang seru dari peserta pengajar maupun panitianya sendiri” merupakan tanggapan Febina Mushen Anjelita, selaku salah satu penanggung jawab acara SIMETRI 2022. “sebelum simetri para mentor juga diberikan pelatihan bernama ASIK jadi nambah ilmu juga buat kita. kita bisa menyampaikan kembali ilmu yang kita dapatkan ke adik-adik peserta acaranya juga seru, semuanya antusias dan pastinya banyak yang jago-jago sewaktu praktik pembuatan websitenya.” kesan dari Safia Ailsa Egasmara selaku salah satu mentor SIMETRI 2022.

Sebagai harapan untuk SIMETRI kedepannya Febina berkata “Harapan untuk SIMETRI kedepannya semoga bisa terus terlaksana dan bisa semakin dikenal sama banyak orang supaya bisa meningkatkan eksistensi dari sistem informasi, dan semoga kedepannya nanti targetnya bisa lebih meluas dan semua yang terlibat dengan SIMETRI dapat merasakan manfaat dari kegiatan SIMETRI ini”.