Mahasiswa Sistem Informasi Beri Manfaat ke Masyarakat Melalui Socio Trip

Manusia sejatinya adalah makhluk sosial. Hal ini pertama kali dikemukakan oleh Aristoteles melalui istilah zoon politicon yang memiliki arti bahwa manusia dikodratkan untuk hidup bermasyarakat dan berinteraksi dengan manusia lain. Selain itu, ini juga berarti manusia sebagai makhluk sosial akan selalu bergantung pada orang lain dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Oleh karena itu, dalam kehidupan sehari-hari kita harus selalu membantu dan memberi kepada sesama. Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HMSI) melalui Departemen Social Development (SocDev) memiliki agenda tersendiri untuk mewadahi hal ini, yaitu Socio Trip. Pembaca mungkin penasaran, sebenarnya apa, sih, Socio Trip itu? Kami berkesempatan mewancarai Rafi, salah satu Staf dari Departemen SocDev mengenai hal ini.

Socio Trip merupakan sebuah agenda sosial yang bertujuan dan berfokus untuk memberikan pengalaman dalam berbagi rezeki dan apapun yang kita miliki kepada sesama atau orang yang lebih membutuhkan, juga menanamkan rasa peduli sosial yang tinggi terhadap lingkungan sekitar. Untuk setiap penyelenggaraan Socio Trip, Departemen SocDev selalu membuka pendaftaran bagi mahasiswa Sistem Informasi yang ingin ikut berkontribusi di dalamnya. Salah satu Socio Trip yang diadakan adalah ketika mengunjungi Panti Asuhan Rumah Bersinar saat bulan Oktober kemarin.

Departemen SocDev merangkai sebuah acara yang akan memberi kebahagiaan kepada para penghuni Panti Asuhan Rumah Bersinar. Acara dimulai dengan perkenalan singkat antara mahasiswa yang ikut dan anak-anak di Panti Asuhan. Kemudian ada sesi bermain bersama dalam sebuah permainan beregu. Lalu, acara dilanjut dengan memakan snack bersama dan diakhiri dengan penyerahan donasi kepada pihak Panti Asuhan Rumah Bersinar. 

Rafi mengatakan bahwa ia dan rekan-rekan SocDev lainnya merasa sangat senang agenda Socio Trip dapat terlaksana. Tidak hanya itu, respon dari partisipan Socio Trip yang langsung disampaikan ke rekan-rekan SocDev sendiri ternyata begitu antusias untuk hadir dalam agenda-agenda Socio Trip yang akan datang. Harapan dari Rafi sendiri ada dua, yaitu teruntuk masyarakat, Rafi berharap nama HMSI ini sudah terdengar secara luas dan memberikan citra baik, terutama kepada pihak-pihak yang sudah berhubungan langsung dengan SocDev. Yang kedua harapan untuk internal HMSI, semoga dapat tetap atau bahkan meningkatkan antusiasme dalam kegiatan Socio Trip, karena kegiatan yang sederhana seperti ini nyatanya dapat membawa dampak yang baik dan berguna bagi masyarakat maupun internal HMSI sendiri. (YA)