Data Scientist: Profesi Terseksi di Abad ke-21

Foto: Ilustrasi seorang Data Scientist (Sumber: freepik.com)

Harvard Business Review (HBR) melalui sebuah majalah pada tahun 2012 menobatkan Data Scientist sebagai “The Sexiest Job in 21st Century“. Apa sebenarnya maksud dari pemberian gelar ini? Apakah pekerjaan Data Scientist itu? Menurut Hugo Bowne Andersen di HBR, “Data scientists use online experiments, among other methods, to achieve sustainable growth. They also clean, prepare, validate structured and unstructured data to build machine learning pipelines, and personalized data products to better understand their business and customers and to make better decisions,“. Artinya, seorang Data Scientist diharapkan memiliki kemampuan dalam berbagai teknik seperti Preprocessing, Processing, dan visualisasi data. Karena perannya yang penting, banyak perusahaan yang merekrut Data Scientist untuk membantu meningkatkan performa perusahaan, dan mereka menawarkan gaji yang besar. Tidak heran jika pekerjaan ini disebut sebagai “The Sexiest Job in 21st Century“. Penasaran dengan apa yang dilakukan oleh seorang Data Scientist? Silakan baca artikel berikut ini!

Bidang Data akan Terus Berkembang

Seorang Data Scientist memiliki tugas utama untuk melakukan analisis dan pengolahan data dengan tujuan membantu perusahaan dalam mengambil keputusan yang lebih tepat guna mencapai kesuksesan yang lebih besar. Dalam pekerjaannya, seorang Data Scientist harus menguasai beberapa teknik seperti Programming, Machine Learning, Risk Analysis, dan Research Skills. Seiring dengan semakin pentingnya data dalam kehidupan kita yang semakin bergantung pada internet ataupun IoT, perkembangan dalam bidang Data Science pun terus mengalami kemajuan yang sejalan dengan perkembangan teknologi digital. Dilampir Forbes, ahli memperkirakan bahwa akan tercipta sekitar 163 zettabyte informasi yang didorong oleh pertumbuhan perangkat terhubung dan peningkatan kualitas jaringan yang semakin pesat.

Lalu apa artinya? Artinya profesi ini akan menjadi profesi yang dicari-cari di masa depan nanti untuk menunjang kebutuhan pengolahan big data.

Penting untuk Pengambilan Keputusan

Menurut buku “Think Like a Data Scientist workbook” yang ditulis oleh Bill Schmarzo (CTO praktik big data di Dell EMC), untuk mencapai tujuan bisnis seorang Data Scientist menggunakan analitis prediktif dan preskriptif untuk mencari solusi yang tepat. Menurut Bill, tugas utama seorang Data Scientist adalah mengidentifikasi sumber data yang terdiri dari tiga kategori, yaitu data sistem operasional dan transaksi historis, data internal, serta data eksternal. Data yang terdapat pada ketiga kategori tersebut kemungkinan besar tidak mudah diakses sehingga Data Scientist harus mengambilnya dari catatan di departemen tertentu di sebuah perusahaan. Setelah mengidentifikasi sumber data, langkah selanjutnya adalah menilai nilai bisnis yang dapat didapatkan dari setiap sumber data yang dapat mendukung keputusan bisnis tertentu. Data scientist akan menyusun sumber data dan keputusan bisnis pada sebuah Spreadsheet dan melakukan fungsi data untuk meningkatkan lalu lintas toko, pendapatan tas belanja, dan efektivitas promosi.

Peluang Karir di Masa Depan

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa nanti di tahun 2025 diperkirakan 163 zettabytes informasi akan dihasilkan. Maka dari itu, sangat diperlukan peran dari Data Scientist untuk mengolah dan mengimprovisasi data tersebut. Hal ini pun semakin didukung oleh data dari The US Bureau of Labour Statistics pada tahun 2026, dimana pekerjaan yang membutuhkan kemampuan Data Science dikatakan dapat meningkat hingga 27,9%. Jadi, memilih Data Scientist sebagai karir masa depan kamu merupakan hal yang patut untuk dipertimbangkan. Dengan perannya yang penting dalam membantu menjawab kebutuhan khalayak ramai, gaji dari profesi terseksi di abad ke-21 ini pun juga tinggi.

Penulis : Yudhistira Azhar Haryono Putra

Editor : I Kadek Wahyu Dwi Pranatasana

Sumber Referensi:

https://dibimbing.id/blog/detail/prospek-kerja-data-scientist-2022

https://www.kompasiana.com/uprightdecision/54f342b2745513a22b6c6dda/data-scientist-profesi-paling-seksi-abad-ini

https://dqlab.id/data-scientist-adalah-sexiest-job-di-industri-data

https://hbr.org/2012/10/data-scientist-the-sexiest-job-of-the-21st-century

https://dt-sense.com/2021/09/26/data-scientist-the-sexiest-job-of-the-21st-century/