Perkembangan Pesat Teknologi CGI dalam Industri Film

(sumber: https://zulfianto.com)

Perkembangan teknologi sudah menjadi hal yang sangat familiar dewasa ini, bahkan menjadi perimeter “melek” teknologi. Tidak hanya di bidang informasi, kesehatan, transportasi, dan pendidikan saja, namun perkembangan teknologi telah merambat hingga bidang seni. Ambil contoh industri perfilman. Apabila kita amati, terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara film yang kita lihat tahun 2009 dengan film yang rilis tahun ini. Dari sekian banyaknya teknologi yang berkembang di dunia industri, CGI merupakan salah satu teknologi yang berkembang cukup pesat.

Apa itu CGI?

CGI (Computer Generated Image) merupakan teknologi komputer yang dipakai untuk menambah efek tertentu dalam sebuah film maupun gambar bergerak lainnya. Teknologi CGI dapat diterapkan dalam bentuk dua dimensi atau tiga dimensi tergantung pada kebutuhan. Mengutip dari Business Inside, CGI mirip dengan teknik animasi tradisional. Dalam teknik animasi tradisional, suatu gerakan dibuat melalui rangkaian gambar-gambar yang saling bertautan. Umumnya, sebuah gambar bergerak tercipta dalam ritme 24 fps (frames per second). Artinya, dalam 1 detik, terdapat 24 gambar yang saling bertumpuk yang menciptakan suatu harmoni gerak.

Seperti yang sering kita lihat, teknologi CGI sering kita temukan dalam pembuatan film, acara televisi, dan iklan. teknologi visual effect ini, sering digunakan pada film-film asal Hollywood, seperti The Avengers, Star Wars, Blade Runner 2049, Avatar, dan masih banyak lagi. Selain itu, studio animasi, seperti Disney Pixar, Warner Bros., dan Dreamworks juga membuat berbagai film animasinya menggunakan CGI. Alhasil, film animasi yang kita temui dewasa ini tidak hanya hanya dalam bentuk dua dimensi, namun sudah mulai banyak pula yang tampil dalam  tiga dimensi. Tidak hanya diterapkan pada film-film Hollywood saja, tetapi sudah banyak film Indonesia yang sudah menggunakan CGI, diantaranya ada Bumi Manusia, Rudy Habibie, Gundala, Foxtrot Six, dan masih banyak lagi.

(sumber: https://i.ytimg.com)

Perkembangan CGI

CGI pertama kali digunakan pada film Westworld (1973) dan Futureworld (1976). Westworld merupakan film yang pertama kali memanfaatkan animasi 2D. Sementara Futureworld, tercatat sebagai film yang pertama kali menggunakan efek 3D. Sejak pertama kali digunakan sampai saat ini, tentunya terdapat beberapa perkembangan dari CGI, diantaranya:

  1. Realisme yang Meningkat

Kemampuan CGI untuk menciptakan gambar yang realistis terus berkembang. Teknologi rendering yang lebih baik, peningkatan dalam pencahayaan, tekstur, dan detail telah menghasilkan efek visual yang semakin nyata. Banyak film dan permainan video modern menggunakan CGI untuk menciptakan dunia dan karakter yang tampak sangat hidup.

  1. Motion Capture

Motion capture adalah teknik yang digunakan untuk merekam gerakan manusia atau hewan dan mengaplikasikannya ke karakter CGI. Dengan teknologi motion capture yang semakin maju, animator dapat menghasilkan gerakan yang lebih alami dan realistis pada karakter CGI. Hal ini membantu menciptakan adegan aksi yang lebih menakjubkan dan menghidupkan karakter digital.

  1. Perkembangan Simulasi Fisika

CGI juga telah mengalami perkembangan dalam simulasi fisika. Dalam film dan permainan video, objek dan karakter CGI dapat berperilaku seperti objek nyata dalam dunia nyata. Simulasi fisika yang canggih memungkinkan interaksi yang lebih realistis antara karakter CGI dan lingkungannya, seperti simulasi air, api, kain, dan benda-benda lainnya.

  1. Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR)

CGI telah berperan penting dalam perkembangan teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR). Dalam AR, objek dan karakter CGI dapat diintegrasikan ke dalam dunia nyata, menciptakan pengalaman gabungan antara dunia fisik dan digital. Dalam VR, CGI digunakan untuk menciptakan lingkungan dan karakter yang sepenuhnya virtual, memungkinkan pengguna untuk terlibat dalam pengalaman imersif. (MR)

Penulis : Melatie Raghyl Putri

Editor : I Kadek Wahyu Dwi Pranatasana, Abraham Mauritz Talakua

Referensi:

https://www.kompasiana.com/joshuastefanuslee/6135eeb401019001d02ba1a2/perkembangan-teknologi-cgi-yang-berdampak-dalam-pembuatan-filmhttps://ussfeed.com/perjalanan-cgi-di-film-indonesia-ini-yang-perlu-lo-tau/editorial/https://idseducation.com/perkembangan-teknologi-cgi-dalam-dunia-perfilman/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *