Gagal Nonton Konser Coldplay Gara-Gara Website Penuh?

(Sumber: https://https://www.cnbcindonesia.com)

Konser Coldplay yang akan digelar di Jakarta pada bulan November mendatang sedang menjadi pusat perhatian netizen Indonesia belakangan ini. Konser ini hanya diadakan satu hari di Indonesia. Alhasil dari eksklusivitas itu, remaja hingga orang dewasa berbondong-bondong untuk membeli tiket konser Coldplay tersebut. Penjualan tiket telah dilakukan pada tanggal 17 dan 19 Mei 2023 kemarin. Banyak masyarakat yang merasa senang karena berhasil mendapatkan tiket konser yang mereka inginkan. Namun, tidak sedikit pula masyarakat yang merasa kecewa karena gagal mendapatkan tiket konser. 

Mengapa bisa gagal?

Terdapat banyak kemungkinan seseorang gagal dalam memperebutkan tiket konser, seperti jaringan yang kurang stabil, uang yang tidak segera di transfer, keterbatasan kapasitas tiket yang dijual, dan kendala yang paling utama adalah website penjualan tiket konser yang overload. Kendala website penuh sudah tidak asing lagi bagi kita yang sering melakukan pembelian secara online, terlebih produk tersebut menarik dan memiliki harga terjangkau. 

(Sumber: https://www.harianhaluan.com)

Bagaimana website bisa penuh?

Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan website penuh, diantaranya:

  1. Lonjakan Traffic

Ketika sebuah website mengalami lonjakan pengunjung, server hosting akan bekerja dua kali lipat lebih keras dari biasanya karena server mengalami kelebihan beban dan menjadi penuh. Hal ini bisa menyebabkan website sedikit sulit untuk diakses. 

  1. Kapasitas Server Terbatas

Setiap server memiliki batasan kapasitas yang ditentukan oleh perangkat keras dan infrastruktur yang digunakan. Jika jumlah pengguna melebihi kapasitas yang tersedia, server bisa menjadi penuh dan tidak mampu melayani permintaan.

  1. Pertumbuhan Pengguna yang Cepat

Ketika platform atau layanan mendapatkan popularitas yang pesat dan jumlah pengguna bertambah secara signifikan, server belum tentu dapat mengikuti pertumbuhan tersebut. Pertumbuhan pengguna yang cepat mengakibatkan server menjadi penuh karena meningkatnya permintaan dan kebutuhan akan sumber daya.

  1. Keterbatasan Infrastruktur Jaringan

Infrastruktur jaringan dapat mempengaruhi ketersediaan dan kecepatan layanan yang disediakan provider. Apabila infrastruktur jaringan tidak memadai, maka server dapat penuh dan pengguna akan mengalami kesulitan dalam mengakses layanan.

  1. Pengaturan Konfigurasi yang Tidak Optimal

Pengaturan konfigurasi yang tidak optimal dapat menyebabkan penyebaran penggunaan sumber daya yang tidak efisien. Dalam beberapa kasus, terdapat masalah dalam manajemen beban, caching, atau alokasi sumber daya yang dapat menyebabkan server penuh.

Penulis : Melatie Raghyl Putri

Editor : Abraham Mauritz Talakua, Ellion Blessan

Referensi:

https://idwebhost.com/blog/bagaimana-cara-menangani-lonjakan-trafik-website/

https://www.instagram.com/p/CstFBpEPKWA/?igshid=MzRlODBiNWFlZA==

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *