Ormawa Visit: Meningkatkan Sinergi Antar Himpunan Mahasiswa

Bertepatan dengan meredanya pandemi dan banyaknya kegiatan yang kembali seperti semula, akhirnya kegiatan Ormawa Visit dapat dilaksanakan kembali secara luring. Ormawa Visit kali ini diselenggarakan pada Hari Sabtu, (3/6) yang lalu, dan bertempat di Ruangan 2208-2209 Departemen Sistem Informasi ITS. Ormawa Visit merupakan salah satu program kerja Departemen External Affair HMSI ITS yang rutin dilaksanakan setiap periodenya. Tujuan utama dari diadakannya Ormawa Visit adalah untuk bertukar informasi dan pengalaman terkait program kerja dan kinerja Himpunan.

Pada acara Ormawa Visit kali ini, Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi ITS berkesempatan bertukar pikiran dengan Himpunan Mahasiswa Telekomunikasi PENS. Peserta yang menghadiri acara ini kurang lebih berjumlah 110 mahasiswa, baik dari HIMA Telkom PENS maupun dari HMSI ITS. Peserta diambil dari perwakilan setiap departemen yang ada di masing-masing himpunan mahasiswa. Acara ini tidak hanya dipersiapkan oleh salah satu pihak saja, namun melalui kolaborasi dan kerja sama antar kedua pihak l.  HIMA Telkom PENS  menyiapkan rundown acara dan konsumsi peserta, sedangkan HMSI ITS menyiapkan tempat dan peralatan yang diperlukan.

Ormawa Visit dilaksanakan pukul 12.00 – 17.00 WIB. Kegiatan dimulai dengan sambutan oleh masing-masing ketua himpunan, lalu dilanjutkan dengan pemaparan struktur dan program kerja  dari setiap himpunan, dan diakhiri dengan sesi tanya jawab. Karena acara berjalan cukup lama, peserta diberi waktu untuk ishoma. Setelah ishoma berakhir, acara dilanjutkan dengan sesi Forum Group Discussion. Pada sesi ini, setiap departemen dari kedua himpunan akan membentuk group discussion untuk saling bertukar informasi, pengalaman, tanya jawab, dan masing banyak lagi. Acara ini diakhiri dengan penyerahan plakat dan sesi foto bersama.

Kegiatan ini telah dilaksanakan dengan sukses dan lancar oleh kedua belah pihak. Selain bertujuan untuk bertukar informasi dan pengalaman, Ormawa Visit juga berguna untuk merekatkan tali silaturahmi antar himpunan mahasiswa. “Menurutku Ormawa Visit kemarin seru, aku dapat pengalaman baru tentang bagaimana sistem organisasi di himpunan mahasiswa kampus lain. Apalagi kita saling sharing bagaimana struktur sampai kegiatan atau proker himpunan mahasiswa lain,”  ucap Nabilla Sabta Putri Pramesty selaku salah satu peserta dari Ormawa Visit kali ini.

Penulis : Melatie Raghyl Putri

Editor: Abraham Mauritz Talakua, Ellion Blessan