Data WNI Kembali Bocor, Bukti Negara Open Source?

Foto: Ilustrasi Papor Warga Negara Indonesia (Sumber: visafoto.com)

Negara Indonesia kembali dihebohkan dengan kabar bocornya data paspor Warga Negara Indonesia (WNI). Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 34 juta data paspor WNI kini dijual di dark web seharga USD 10.000 atau sekitar 150 juta rupiah. Pelaku dibalik kebocoran data ini adalah Björka yang pada tahun 2022 sempat menggemparkan Indonesia dengan meretas dokumen milik Presiden Joko Widodo, termasuk membobol data pribadi para pejabat, menteri dan ketua DPR. 

Adapun rincian data paspor yang bocor antara lain nama pemilik paspor, nomor paspor, tanggal berlaku paspor, jenis kelamin, hingga tanggal terbit paspor. “34 juta data paspor Indonesia bocor dan dijual di dark web. Harga cuma $10k. Data termasuk nomor paspor, nama lengkap, tanggal lahir, jenis kelamin, alamat, nomor telepon, email, foto wajah dan tanda tangan,” tulis pengamat keamanan siber Teguh Aprianto di Twitter pada Rabu (5/7)

Foto: Tangkapan Layar dari Blog yang Diduga Milik Bjorka

Teguh sebagai orang pertama yang menginformasikan kebocoran data paspor itu menjelaskan, ukuran file versi compressed dan uncompressed yang dibobol oleh Björka, masing-masing sebesar 4GB dengan total file sebanyak 34.900.867. 

Apakah Data yang Bocor Valid?

Menurut Vaksincom, sebuah perusahaan keamanan siber meyakini bahwa data yang dibocorkan oleh Björka di blognya merupakan data yang valid. Hal ini dikarekanan data tersebut memiliki dua nomor paspor dan NIKIM yang hanya dipegang oleh pemilik dan otoritas. “Kalau [pemerintah] menyangkal ini ibarat muka sudah bengap berdarah bilang ‘aku nggak apa-apa dipukul orang’. Percuma,” kata Alfons Tanujaya, pakar keamanan siber dari Vaksincom kepada BBC News Indonesia, Kamis (6/7). Validasi data paspor ini diperkuat pengakuan pakar dari lembaga riset keamanan siber dan komunikasi CISSReC, Pratama Persadha. Namanya berada di salah satu baris data file yang dibagikan Bjorka. “Sudah biasa juga, tapi kesal juga,” kata Pratama. BBC Indonesia juga melihat namanya berada dalam barisan data yang dibocorkan Bjorka.

Tanggapan Kementerian Kominfo

Kementerian Komunikasi dan Informatika mengaku sudah menelusuri dugaan kebocoran data paspor ini. “Tim masih bekerja dan sejauh ini belum dapat menyimpulkan telah terjadi kebocoran data pribadi dalam jumlah yang masif seperti yang diduga. Kesimpulan ini diambil setelah dilakukan beberapa tahap pemeriksaan secara hati-hati terhadap data yang beredar,” kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Semuel A. Pangerapan dalam keterangan pers, Kamis (6/7)

Kementerian Kominfo juga melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait sesuai ketentuan yang berlaku yaitu Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), serta Direktorat Jenderal Imigrasi, Kementerian Hukum dan HAM. “Kementerian Kominfo akan terus melanjutkan penelusuran dan akan merilis hasil temuan setelah mendapatkan informasi yang lebih detail,” tambah Sammy – sapaan Semuel A. Pangerapan.

Indonesia Disebut Sebagai Negara “Open Source

Akibat seringnya Indonesia mengalami pembobolan data, banyak warganet yang membuat sindiran bahwa Indonesia merupakan negara open source. Beberapa kebocoran data pribadi yang pernah terjadi sebelumnya, di antaranya: 

  • 35 juta data pengguna MyIndihome;
  • 19 juta data BPJS Ketenagakerjaan;
  • 3,2 miliar data dari Aplikasi PeduliLindungi;
  • 45 juta data MyPertamina;
  • 105 data Komisi Pemilihan Umum;
  • 679.000 surat yang dikirim ke Presiden Jokowi;
  • 1,3 miliar data SIM Card, dan
  • Browsing history dari 26 juta pengguna Indihome.

Sebutan mengenai Indonesia adalah negara open source jelas adalah sebuah sindiran yang seolah menyebut bahwa negara ini tidak memiliki sistem keamanan yang cukup dan aman untuk data-data pribadi. Hingga kini, kasus serangan hacker ke data pribadi penduduk Indonesia ini menjadi sorotan publik hingga pemerintah terutama Kominfo. Sayangnya, masih belum ada penanganan serius terkait hal tersebut.

Penulis : Yudhistira Azhar Haryono Putra

Editor : Abraham Mauritz Talakua, I Kadek Wahyu Dwi Pranatasana

Sumber Referensi :

https://www.bbc.com/indonesia/articles/c9e7e9grjmko

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230707143409-37-452302/bjorka-bocorkan-jutaan-data-paspor-warga-ri-bssn-buka-suara

https://www.kompas.id/baca/ekonomi/2023/07/05/soal-dugaan-kebocoran-data-paspor-kemkominfo-kami-masih-telusuri

https://www.liputan6.com/tekno/read/5337926/headline-geger-dugaan-kebocoran-34-juta-data-paspor-orang-indonesia-apa-dampaknya