Threads: Aplikasi Berbasis Teks Besutan Instagram

(sumber: https://www.cnnindonesia.com/)

Mark Zuckerberg telah menghebohkan pengguna Instagram dengan meluncurkan aplikasi Threads pada tanggal 5 Juli 2023 lalu. Threads adalah aplikasi berbasis teks yang dibuat oleh tim Instagram. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk berbagi posting-an dan balasan dengan menyertakan teks, video, foto, atau link tautan. Di Threads, kita dapat mengatur siapa saja yang dapat melihat posting-an kita. Siapa pun yang memiliki akun Instagram dapat membuat profil Threads. Namun jika pengguna tidak memiliki akun instagram, maka mereka juga tidak dapat menggunakan aplikasi ini.

Perbedaan Threads dengan Instagram

Jika kita lihat dari tampilannya, Threads memiliki tampilan yang sangat berbeda dengan Instagram. Threads lebih mengarah ke posting-an yang berisi tulisan dengan sedikit video, sedangkan Instagram lebih mengarah ke visual (setiap posting-an memiliki foto maupun video). Selain itu, profil di Threads sangat bergantung pada profil yang kita miliki di Instagram. Ketika ingin mengedit profil di Threads, kita harus mengedit profil di Instagram. Karena jika kita sudah mengubah profil Instagram, maka secara otomatis profil Threads akan ter-update juga. 

Threads mirip dengan Twitter?

Jika kita lihat dari segi tampilan, tampilan beberapa halaman di Threads memang mirip dengan Twitter. Hal ini memicu perselisihan antara Mark Zuckerberg dengan Elon Musk. Elon Musk menuduh Mark Zuckerberg meniru desain dari Twitter dan menyebut bahwa beberapa mantan karyawan Twitter dipanggil oleh Zuckerberg untuk membentuk aplikasi media sosial Threads. Elon Musk tidak menerima fakta bahwa mantan karyawan tersebut memiliki informasi bisnis rahasia dari Twitter. Menjawab tuduhan ini, Andy Stone membantah adanya mantan karyawan Twitter di Facebook. Andy Stone membantah jika Facebook memanfaatkan keuntungan dari mundurnya karyawan Twitter dan membuat aplikasi media sosial Threads. Jika dilihat secara spesifik Threads dan Twitter sangat berbeda, sistem yang digunakan Threads pun juga berbeda.

(sumber: https://about.instagram.com/)

Threads to Fediverse

Untuk kedepannya Threads akan dikembangkan lagi agar menjadi bagian dari Fediverse. Fediverse adalah kumpulan dari ribuan server media sosial independen yang saling berkomunikasi dengan lancar. Hal ini berarti jutaan pengguna di server ini dapat berinteraksi satu sama lain seolah-olah mereka berada di satu jejaring sosial. Rencananya Threads akan menggunakan protokol yang disebut ActivityPub untuk berkomunikasi dengan server lain yang mendukung protokol ini. Fediversi memungkinkan pengguna untuk saling berkomunikasi dengan orang-orang di platform Fediverse lain yang tidak dimiliki atau dikendalikan oleh META.

Penulis: Melatie Raghyl Putri

Editor: I Kadek Wahyu Dwi Pranatasana, Ellion Blessan

Referensi:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.instagram.barcelona&hl=en_US

https://help.instagram.com/788669719351544

https://help.instagram.com/179980294969821

https://about.instagram.com/blog/announcements/threads-instagram-text-feature

https://fedi.tips/what-is-mastodon-what-is-the-fediverse/https://fedi.tips/what-is-mastodon-what-is-the-fediverse/

https://www.orbitindonesia.com/hiburan/5449397998/elon-musk-ingin-tuntut-mark-zuckerberg-ketika-luncurkan-aplikasi-media-sosial-threads-yang-saingi-twitter?page=2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *