OKKBK, Sarana Pengenalan Lingkungan Departemen untuk Mahasiswa Baru

(Foto: Peserta OKKBK Sistem Informasi 2023)

Setiap tahunnya, Departemen Sistem Informasi (DSI) menyelenggarakan kegiatan OKKBK sebagai ajang pengenalan lingkungan departemen kepada mahasiswa baru. Orientasi Keprofesian dan Kompetensi Berbasis Kurikulum atau biasa disebut OKKBK merupakan wadah mahasiswa baru untuk mengenal teman satu angkatan, proses belajar mengajar, peraturan dan stakeholder yang ada di dalamnya, perangkat di departemen, dan yang terutama adalah perihal keprofesian. 

OKKBK merupakan wahana bagi mahasiswa baru ITS untuk mengenal lingkungan kampus dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di Departemen Sistem Informasi. OKKBK Sistem Informasi ITS 2023 ini dimulai pada hari Senin, 14 Agustus 2023 hingga Jumat, 16 Agustus 2023 yang diadakan secara luring di lingkungan Departemen Sistem Informasi ITS. 

Materi yang didapatkan dalam OKKBK sangat beragam, mulai dari pengenalan Departemen Sistem Informasi (DSI), peraturan departemen, lingkup profesi, HMSI, ISE!, sampai pengenalan eksternal Sistem Informasi, seperti pengenalan ITS TV, Sosialisasi Office 365, dan juga IEEE ITS. Pemateri yang mengisi pada setiap rangkaian acara berasal dari berbagai pihak internal dan eksternal. Untuk pemateri internal meliputi stakeholder di departemen. Misalnya, Bapak Mudjahidin dan Bapak Ahmad Holil menjelaskan tujuan prodi, Bapak Soni lingkup profesi, atau Bapak Faizal Mahananto menjelaskan peraturan departemen. Lalu terdapat materi mengenai HMSI yang dibawakan oleh departemen-departemen yang ada di dalam HMSI. Untuk pemateri eksternal terdapat perwakilan dari ITS TV dan IEEE ITS, lalu sosialisasi Office 365 dibawakan oleh DPTSI.

Pada tahun ini, ada hal yang berbeda dalam OKKBK Sistem Informasi dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, OKKBK tahun ini yang mengikuti berjumlah 268 peserta bukan hanya dari Departemen Sistem Informasi, melainkan juga peserta dari prodi baru, yakni Inovasi Digital. Selain itu, OKKBK tahun ini diadakan selama 3 hari dengan tambahan 1 hari yang merupakan pengenalan Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (FTEIC). Jadi peserta tidak hanya mendapatkan pengenalan jurusan saja, tetapi juga mendapatkan pengenalan fakultas dan mendapatkan teman baru di luar jurusan.

(Foto: Peserta OKKBK Sistem Informasi 2023)

Di mata mahasiswa baru, OKKBK merupakan sebuah kegiatan yang penting dan sangat bermanfaat. Tak hanya itu, kegiatan yang diselenggarakan selama empat hari ini dinilai memberikan bekal bagi mereka untuk menyongsong masa perkuliahannya. “Saya berpikir kalau OKKBK ini sangat informatif untuk kami yang notabenenya masih mahasiswa baru di Sistem Informasi. Jadi, kesannya selain seru juga dapat teman-teman baru yang awalnya pas Gerigi itu cuma dapat sebagian teman jurusan,” ujar Abrorus Shobah, salah satu mahasiswa baru DSI 2023.

Mahasiswa dari Pamekasan ini mengaku senang mengikuti serangkaian acara OKKBK. Selain dapat motivasi, ia juga mendapat banyak pengetahuan baru terkait dunia kampus dan banyak mendapat teman baru. “Saya berharap kedepannya saya bisa mempunyai benteng yang kokoh untuk menjalani perkuliahan nanti di jurusan Sistem Informasi, karena sudah banyak sekali informasi yang diberikan pada saat OKKBK. Jadi ya kedepannya saya lebih siap untuk menjalani perkuliahan ini,” imbuh Abror.

Kegiatan ini telah dilaksanakan dengan sukses dan lancar meskipun terdapat beberapa perubahan yang mendadak. Selain bertujuan untuk mengenalkan lingkungan departemen, OKKBK juga berguna untuk bekal mahasiswa baru di perkuliahan nanti. “Dari panitia berharap agar peserta tetap mengingat materi materi yang telah diberikan ketika OKKBK karena materi tersebut penting untuk kehidupan di kampus nanti,”  ucap A. Talitha Rezky selaku penanggung jawab OKKBK pada tahun ini.

Penulis : Muhammad Ahdaf Amali

Editor : Yudhistira Azhar Haryono Putra, Melatie Raghyl Putri