SINERGI BATCH X, Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa SI

(Foto: SINERGI BATCH X hari kedua di SLB YPAC Surabaya)

SINERGI merupakan salah satu program kerja dari Departemen Social Development HMSI yang berbentuk pelatihan pengabdian masyarakat. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan ilmu pengabdian masyarakat kepada mahasiswa Sistem Informasi (SI) dan akan terjun langsung ke lingkungan masyarakat. Pembekalan yang diberikan berupa wawasan dan pencerdasan mengenai konsep pengabdian masyarakat. Lalu di hari berikutnya para peserta akan terjun langsung ke lingkungan masyarakat yang telah dipilih oleh Departemen Social Development. Beberapa waktu lalu, SINERGI kembali dilaksanakan dengan nama “SINERGI BATCH X” pada tanggal 9 – 10 September 2023.

SINERGI BATCH X  mengangkat tema “Waktunya Mengabdi kepada Masyarakat,” dengan harapan agar SINERGI dapat meningkatkan kepekaan sosial mahasiswa SI, serta mengimplementasikan ilmu yang didapat selama pelatihan. Materi yang diangkat pada SINERGI kali ini terkait anak berkebutuhan khusus yang berjuang dalam menjalani hidup. Walau tidak seperti orang pada umumnya, mereka tetap tidak menyerah dan mensyukuri hidup yang telah Tuhan berikan sebagai motivasi untuk membangkitkan kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan sosial. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, oleh karena itu, para peserta perlu mempersiapkan ketersediaannya dalam meluangkan waktu dan berkomitmen untuk mengikuti kegiatan.

Pada hari pertama SINERGI BATCH X, para peserta disambut oleh panitia atas kedatangannya dan sebagai pembuka bahwa SINERGI BATCH X telah dimulai. Kegiatan hari pertama adalah pemberian wawasan materi kepada para peserta, yaitu; 1) Peran Mahasiswa dalam Pengabdian Masyarakat yang dibawakan oleh mas M. Amin Nurdin dari Sosmas BEM FTEIC, membahas konsep pengabdian masyarakat, bagaimana cara melakukannya dengan benar, serta memotivasi peserta untuk berani memulai pengabdian masyarakat. 2) Selayang Pandang Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yang dibawakan oleh Ibu Isrumella, S.Pd. MM dari SLB (Sekolah Luar Biasa) YPAC (Yayasan Pembinaan Anak Cacat) Surabaya. Materi kedua membahas sekilas ulasan mengenai ABK, mulai dari kondisi hingga pembahasan cara berkomunikasi dengan benar kepada para ABK. Setelah sesi materi berakhir, selanjutnya ada sesi tanya jawab materi, para peserta menunjukkan antusiasme dengan aktif bertanya, berdiskusi, dan para pemateri juga bersemangat dan mengapresiasi para peserta atas partisipasi aktifnya dalam menjalani kegiatan sehingga sesi materi satu dan dua berjalan dengan sangat baik dan efektif.

Kegiatan pada hari kedua dilanjutkan dengan seluruh panitia dan peserta terjun langsung ke lingkungan masyarakat, lokasi yang dipilih oleh panitia kali ini adalah SLB YPAC yang berlokasi di Jl. Semolowaru Utara V No.11, Semolowaru, Kec. Sukolilo, Surabaya.. Kegiatan dimulai dengan sambutan dari panitia kepada para peserta SINERGI, pengurus, dan siswa SLB YPAC sebagai permulaan dimulainya kegiatan dengan membawakan suasana “Having a good and happy time”. Selanjutnya, ada sesi games lipat pesawat kertas, para peserta SINERGI dan teman-teman ABK bersama-sama melipat pesawat kertas. Selain itu, para peserta SINERGI juga mengimplementasikan ilmu yang didapat dari hari pertama SINERGI kepada para teman-teman ABK melalui interaksi, kemudian pesawat diterbangkan secara bersamaan. Setelah itu, ada sesi penampilan yang dipimpin oleh guru SLB YPAC, yaitu Ibu Uswatun selaku humas sekolah. Sesi penampilan dibuka oleh seorang siswa SLB dengan membawakan lagu “Laskar Pelangi,” yang cukup menyentuh hati para peserta. Acara dilanjutkan dengan sesi senam bersama yang diikuti oleh seluruh peserta. Setelah sesi senam berakhir, sesi penampilan dilakukan kembali oleh para panitia dan peserta SINERGI, dan diakhiri dengan bernyanyi bersama. Acara ini membuat para peserta SINERGI bisa berbagi keseruan, mengukir banyak senyuman dan semangat dengan siswa SLB, hal ini memberikan semangat dan motivasi tersendiri bagi para pihak terlibat untuk bisa terus mengadakan acara ini dimasa mendatang. 

(Foto: Para Siswa dan pengurus SLB YPAC Surabaya)

Pelaksanaan SINERGI BATCH X berjalan dengan sangat baik dan menyenangkan, para peserta mengakui hal tersebut, mereka juga merasa terharu dan termotivasi saat mengikuti rangkaian acara. Hal ini membuat para panitia bangga, karena tujuan dari SINERGI BATCH X tercapai, di mana para peserta memiliki pemahaman pengabdian masyarakat dan kepekaan terhadap sosial, serta menumbuhkan rasa kebersamaan terhadap para mahasiswa dalam menjalankan pengabdian masyarakat. Selain itu, pihak masyarakat yaitu bapak/ibu pengurus SLB YPAC juga merasa senang dan berterima kasih atas kehadiran SINERGI di SLB YPAC. Pihak sekolah berharap sekiranya kedatangan para peserta dan panitia SINERGI bukanlah yang pertama dan terakhir karena kedatangan mahasiswa dapat memberi semangat dan sukacita bagi para siswa SLB.

Inggrit Rismauli Siahaan selaku penanggung jawab SINERGI BATCH X berharap, semoga masyarakat lebih aware terhadap lingkungan sosial dan lebih menerima kehadiran masyarakat berkebutuhan khusus. Para ABK dalam SLB telah menunjukkan tekadnya untuk maju meski dalam kondisi yang membutuhkan special treatment. Namun, hal tersebut bukanlah alasan bagi mereka untuk tidak mengusahakan memperjuangkan hidupnya. Selain itu, semoga pemahaman yang diperoleh oleh para peserta SINERGI dapat dimanfaatkan dan diimplementasikan secara positif di masa depan dalam pengabdian masyarakat. Selanjutnya, terima kasih atas dukungan HMSI untuk SINERGI BATCH X, semoga kegiatan seperti ini dapat sering dilakukan, karena masih banyak mahasiswa yang takut memulai pengabdian masyarakat dengan alasan kurangnya pemahaman konsep pengabdian masyarakat dan motivasi.

Penulis : Aulia Hanifah

Editor : Yudhistira Azhar Haryono Putra, Melatie Raghyl Putri