Mengenal Keprofesian Sistem Informasi: IT Support

Foto: Ilustrasi IT Support (Source: blogspot)

Apa itu IT Support?

IT support adalah seorang ahli yang bertanggung jawab untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh pengguna atau karyawan dalam hal teknologi informasi. Mereka adalah bagian integral dari tim teknologi informasi sebuah perusahaan yang bertanggung jawab atas pemeliharaan, perbaikan, dan dukungan teknis untuk hardware maupun software komputer. Sebagai seorang profesional di bidang teknologi informasi, IT support harus memiliki pengetahuan yang komprehensif mengenai berbagai aspek teknologi, seperti sistem operasi, jaringan, dan perangkat lunak yang digunakan dalam lingkungan perusahaan. Selain itu, keterampilan komunikasi yang efektif juga menjadi elemen kunci dalam peran ini, karena mereka perlu berinteraksi dengan berbagai individu yang memiliki tingkat keahlian teknis yang beragam.

Skills yang Dibutuhkan oleh IT Support

1. Problem Solving

Kemampuan problem solving yang baik membantu mereka dalam mengidentifikasi akar masalah serta menemukan solusi yang tepat dengan cepat.

2. Communication

IT support harus bisa berkomunikasi dengan jelas dan efektif dengan karyawan dari berbagai tingkat keahlian teknis.

3. Knowledge of Networking System 

IT support harus memahami prinsip-prinsip jaringan seperti topologi jaringan, protokol komunikasi, dan cara kerja perangkat jaringan seperti switch, router, dan firewall.

4. Time Management

Time management sangat diperlukan oleh seorang IT support, dengan kemampuan ini mereka dapat menyelesaikan semua pekerjaan secara maksimal dan tepat waktu. 

5. Knowledge of Software and Hardware

Pemahaman tentang software, serta perangkat keras komputer, membantu IT support dalam menghadapi masalah terkait

6. Knowledge of Operation System

Pemahaman tentang cara kerja sistem operasi, membantu IT support dalam merawat suatu sistem dan mengatasi masalah terkait

Apa Saja Tugas Seorang IT Support?

  • Mengajukan pertanyaan kepada user untuk mendiagnosis masalah.
  • Merekomendasikan solusi untuk memecahkan masalah.
  • Melatih user mengenai cara kerja produk atau layanan yang digunakan.
  • Menginstal dan mengkonfigurasikan komponen jaringan.
  • Memantau dan memelihara sistem dan jaringan komputer.
  • Memecahkan masalah pada sistem dan jaringan.

Jenjang Karir IT Support

Pekerjaan IT support memiliki jenjang karir yang baik, seperti computer system analyst, network support specialist, dan help desk analyst.

  • Computer system analyst adalah seorang profesional yang bertugas untuk menganalisa baik dari teknis, bisnis, dan masalah lain terkait pengolahan sebuah data untuk menerapkan dan meningkatkan sistem informasi dan komputer dalam sebuah organisasi atau sebuah perusahaan.
  • Network support specialist adalah seorang profesional yang memberikan dukungan teknis serta menjaga berbagai komponen jaringan untuk sistem jaringan organisasi. Para analis ini bertanggung jawab atas instalasi dan konfigurasi jaringan area lokal (LAN), jaringan area luas (WAN), sistem internet, dan komponen lain dari sistem jaringan.
  • Help desk analyst adalah seorang profesional dalam bidang teknologi informasi yang bertugas memberikan dukungan teknis dan bantuan kepada pengguna komputer atau pelanggan yang mengalami masalah atau kesulitan dengan perangkat lunak, perangkat keras, atau layanan IT.

Rentang Gaji IT support di Indonesia

Gaji IT support berkisar antara Upah Minimum Regional (UMR) di kota tempat mereka bekerja hingga mencapai sekitar Rp6.000.000 hingga Rp7.000.000. Namun, perlu diingat bahwa gaji ini dapat lebih besar tergantung pada perusahaan atau organisasi tertentu. Selain itu, besaran gaji juga dapat dipengaruhi oleh tingkat kemampuan individu dan seberapa berat tugas yang mereka jalani.

Penulis : Aryasatya Widyatna

Editor : Yudhistira Azhar Haryono Putra, Melatie Raghyl Putri

Sumber Referensi:

https://www.niagahoster.co.id/blog/it-support-adalah/

https://www.kitalulus.com/seputar-kerja/it-support-adalah

https://www.ad-ins.com/id/apa-itu-it-support/