YouTube Luncurkan Fitur Terbaru Menggunakan AI

Foto: Aplikasi YouTube (sumber: trendingtopics.eu)

Pada 16 Oktober 2023, YouTube mengumumkan peluncuran fitur terbaru dalam opsi paket iklan bernama “Spotlight Moments” yang didukung oleh Google AI. Fitur ini memanfaatkan AI untuk bekerja secara otomatis mengidentifikasi video Youtube populer yang berkaitan dengan momen budaya tertentu, seperti Halloween, acara penghargaan besar, seperti Oscar, atau acara olahraga, dan sebagainya. Selain itu, fitur ini juga memungkinkan pengiklan untuk menayangkan iklan mereka di konten populer yang berkaitan dengan momen budaya tertentu di branded YouTube channel, di mana video akan disusun dalam playlist yang diperbarui secara dinamis.

Awal Mula Adanya “Spotlight Moments”

Dilansir dari blog.google, YouTube menjelaskan bahwa platform Youtube menghubungkan orang-orang di seluruh dunia selama momen budaya tertentu dan acara global. Miliaran pengguna menggunakan platform tersebut setiap hari untuk berinteraksi dengan konten ketika masa-masa momen penting. Laporan YouTube pada tahun 2023 menunjukkan bahwa lebih dari separuh responden lebih menyukai video-video mengenai momen tertentu telah diidentifikasi oleh YouTube daripada mencari dan menonton video tersebut sendiri. 

Pada tahun lalu di Advertising Week New York, YouTube mengumumkan peluncuran First Position Moments yang sebelumnya dikenal Moment Blast. Tools ini memungkinkan pengiklan untuk menjangkau target audiens saat menonton video pada sesi pertama. Studi Brand Lift menunjukkan, bahwa penargetan iklan dengan cara ini dapat mencapai rata-rata peningkatan sebesar 26,96%.

Manfaatkan Momen Budaya dengan Spotlight Moments

Spotlight Moments memungkinkan pengiklan untuk menayangkan iklannya di samping video-video populer yang relevan dengan momen budaya tertentu. Video-video dalam playlist branded YouTube channel diperbarui secara otomatis dan diberi logo brand di hub YouTube. Ketika pengguna sedang menonton video tersebut, iklan akan muncul secara otomatis di sampingnya. Cara kerja Spotlight Moments adalah sebagai berikut:

  1. Pengiklan memilih momen budaya yang ingin mereka targetkan untuk iklan mereka.
  2. YouTube menggunakan teknologi AI untuk mengidentifikasi konten video yang relevan dengan momen budaya tersebut.
  3. Iklan pengiklan ditayangkan di samping konten video tersebut.

Dalam menjalankan Spotlight Moments, Google AI memegang peran penting untuk mengidentifikasi konten video berdasarkan momen budaya tertentu. Teknologi ini menggunakan berbagai faktor, seperti kata kunci, tag, dan aktivitas pengguna, untuk menentukan relevansi suatu konten video dengan momen budaya tertentu.

Spotlight Moments memberikan manfaat bagi pengiklan dan Youtube. Bagi pengiklan, Spotlight Moments memungkinkan mereka untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan engaged secara real time, serta meningkatkan relevansi iklan pada momen terkait sehingga dapat menarik perhatian audiens yang sedang tertarik dengan momen tersebut. Bagi Youtube, Spotlight Moments dapat meningkatkan pendapatan dengan memungkinkan penayangan iklan di samping konten populer terkait momen budaya tertentu. Sebagai contohnya ketika Halloween, Spotlight Moments menampilkan iklan untuk konten terkait Halloween di Youtube dengan menyusunnya ke dalam daftar playlist yang diperbarui secara dinamis dan akan muncul di samping konten momen tersebut. 

Spotlight Moments masih dalam tahap awal pengembangan sehingga belum tersedia secara umum. Akan tetapi, fitur ini memiliki potensi untuk menjadi alat pemasaran yang ampuh bagi pengiklan. Dengan menggunakan teknologi AI, Spotlight Moments dapat membantu pengiklan menjangkau audiens yang tepat melalui iklan pada waktu yang tepat.

Penulis : Aulia Hanifah

Editor : Yudhistira Azhar Haryono Putra, Melatie Raghyl Putri

Sumber Referensi : 

https://techcrunch.com/2023/10/16/youtube-gets-new-ai-powered-ads-that-let-brands-target-special-cultural-moments/

https://www.trendingtopics.eu/spotlight-moments-youtube-gets-new-ai-powered-ads/

https://blog.google/products/ads-commerce/new-ways-to-show-up-where-the-world-watches-powered-by-ai/