Eksplorasi Baru Wisuda DSI ke-129

Foto :  Para Wisudawan Departemen Sistem Informasi ke-129

Setiap langkah menuju kelulusan merupakan sebuah perjuangan yang tak terlupakan bagi para wisudawan. Setiap keringat dan pengorbanan dalam menjalani proses pendidikan menjadi bagian dari kisah sukses mereka. Pada hari Minggu, 21 April 2024, Departemen Sistem Informasi (DSI) ITS menggelar Wisuda ke-129 untuk merayakan keberhasilan para wisudawan dalam menyelesaikan perjalanan mereka. Para wisudawan dari berbagai angkatan, mulai dari Artemis, Dhistakarna, Valois, Navisatya, dan Adhisakta berkumpul dengan penuh semangat untuk merayakan tonggak bersejarah dalam kehidupan mereka. 

Wisuda kali ini mengusung tema “Outer Space”, yang mengambil inspirasi elemen roket sebagai simbol dari awal perjalanan baru bagi para wisudawan ke fase selanjutnya dalam kehidupan mereka. Tema ini mewakili harapan bahwa para wisudawan akan meluncur seperti roket, siap untuk menjelajahi lingkungan baru dan membawa perubahan positif kemanapun mereka pergi. Seperti roket yang melesat ke angkasa, para wisudawan diharapkan dapat mengatasi rintangan dan mengejar impian mereka dengan keberanian dan tekad yang sama.

Acara wisuda ke-129 dimulai dari Graha ITS, sementara orang tua wisudawan hadir di Gedung DSI untuk menyaksikan acara wisuda secara langsung melalui live streaming. Setelah rangkaian acara di Graha ITS selesai, para wisudawan akan dijemput oleh para panitia dan diantarkan dengan semarak ke Departemen Sistem Informasi untuk melanjutkan acara syukuran. Di sana, sebuah kejutan istimewa telah disiapkan untuk menambah kesan tak terlupakan dalam momen berharga mereka.

Foto : Pemberian hadiah kepada para Wisudawan

Suasana kegembiraan memenuhi Gedung Departemen Sistem Informasi saat para wisudawan memasuki halaman, disambut dengan tarian flashmob oleh mahasiswa Sistem Informasi 2023. Tidak hanya itu, semangat dan kecintaan kepada departemen terpancar dalam lantunan MARS SI dan Vivat SI yang menggema di seluruh gedung. Acara berlanjut dengan pelemparan toga, sebagai momen simbolis yang menandai akhir dari perjalanan pendidikan mereka. Dalam sorak sorai dan tepuk tangan, para wisudawan merayakan prestasi mereka dengan bangga, sementara haru dan kebanggaan terpancar di wajah orang tua dan dosen yang turut hadir.

Kentaro Mas’ud Mizoguchi, sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HMSI), memberikan sambutan kepada para hadirin dan dilanjutkan oleh Dr. Mudjahidin, S.T., M.T., sebagai Kepala Departemen Sistem Informasi. Acara semakin berkesan dengan penampilan memukau dari Prof. Mahendrawati ER., ST., M.Sc., Ph.D yang turut berpartisipasi dalam menyumbangkan sebuah lagu bersama Band Sisfor Gacor. Acara berjalan dengan begitu mengagumkan dan penuh semangat bagi wisudawan dan keluarga yang datang. Selain itu, ada tambahan sesi penghargaan di mana penghargaan tidak hanya diberikan kepada wisudawan terbaik, tetapi juga diperuntukkan bagi para wisudawan dengan tugas akhir dan tesis terbaik serta yang telah sukses meraih double degree.

Foto : Penyerahan penghargaan kepada wisudawan terbaik

“Acara wisuda seru, jadi momen selebrasi atas perjalanan yang sudah ditempuh selama ini. Gak expect juga bisa dapet penghargaan 2 biji. Namun yang disayangkan adalah tidak ada arak-arakan, yang mana hal itu sudah jadi budaya selama wisuda. Harapannya next wisuda ada arak-arakan jadi bisa makin meriah lagi,” ungkap Ellion Blessan selaku salah satu wisudawan terbaik dari Lab RDIB (Rekayasa Data dan Intelegensi Bisnis) menanggapi acara wisuda kali ini dan sekaligus memberikan pesan juga kepada mahasiswa Sistem Informasi yang masih aktif sebagai pelajar. 

“Senang sekali ketika menerima feedback baik dari wisudawan dan pendamping selalu menjadi kebanggaan dalam menyelenggarakan acara wisuda. Harapan kami adalah untuk memperbaiki kekurangan yang ada dalam wisuda ini di masa mendatang, serta berharap agar wisuda berikutnya dapat berjalan dengan lebih baik. Saya mewakili panitia, ingin mengucapkan terima kasih kepada semua teman dari Departemen Sistem Informasi yang telah turut berpartisipasi dalam kesuksesan wisuda ini, dan sekali lagi, selamat kepada para wisudawan atas pencapaiannya,” ucap Maharani Aisadira selaku penanggung jawab dari acara Wisuda ke-129 ITS, Departemen Sistem Informasi.

Meskipun tidak mudah dan banyak tantangan yang harus dilewati, seperti keterbatasan waktu persiapan dan absennya arak-arakan, acara wisuda ini tetap dapat berjalan dengan lancar. Harapannya semoga kedepannya acara arak-arakan di adakan kembali oleh ITS, karena itu merupakan salah satu rangkaian wisuda yang paling ditunggu-tunggu oleh para wisudawan ITS.

Penulis : Maulina Nur Laila

Editor : Yudhistira Azhar Haryono Putra, Melatie Raghyl Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *