Intel Core Ultra: Prosesor Generasi Baru dengan Inovasi dan Performa Tinggi

Foto : Peluncuran Intel Core Generasi 12 Diperkenalkan (Sumber : yangcanggih.com)

Intel baru-baru ini meluncurkan tambahan baru pada jajaran prosesornya, yakni Intel Core Ultra. Intel Core Ultra adalah varian terbaru dari prosesor Intel yang memulai debutnya pada bulan Desember 2023. Model terbaru ini merupakan penerus dari Intel Core i3, i5, dan i7, yang menjanjikan kemampuan komputasi berkinerja tinggi serta fitur-fitur canggih kepada pelanggan. Intel Core Ultra ini merupakan bagian dari CPU Intel Meteor Lake Generasi ke-14 untuk laptop dan akan hadir pada CPU desktop dengan CPU Arrow Lake Generasi ke-15 yang diperkirakan akan diluncurkan pada akhir tahun 2024. 

“Peluncuran Intel Core Ultra mewakili skala dan kecepatan tak tertandingi yang dimiliki Intel dalam mengaktifkan AI pada PC. Pada tahun 2028, PC AI akan menguasai 80% pasar PC dan bersama dengan ekosistem mitra perangkat keras dan perangkat lunak kami yang luas, Intel berada pada posisi terbaik untuk menghadirkan komputasi generasi berikutnya,” kata Michelle Johnston Holthaus selaku Intel Executive Vice President dan General Manager of Client Computing Group.

Dengan peluncuran ini, Intel menghapuskan konvensi penamaan “i” yang ikonik dari mereknya. Ketika nantinya ada pengguna yang membeli laptop atau desktop dengan CPU Intel, mereka tidak akan melihat skema penamaan “i3”, “i5”, “i7”, atau “i9” yang sudah dikenal. Sebaliknya, pengguna akan melihat Intel Core Ultra 5, Core Ultra 7, atau Core Ultra 9. 

Salah satu peningkatan paling menonjol pada Intel Core Ultra adalah performanya. Prosesor ini memberikan kinerja multi-threading yang lebih baik daripada Raptor Lake dan kinerja single-thread yang setara, Namun yang lebih menariknya, semua ini dicapai dengan konsumsi daya yang jauh lebih rendah. Pengguna dapat mengharapkan performa yang lebih baik dalam aplikasi yang memerlukan multi-threading, seperti pengeditan video, game, dan rendering 3D. Arsitektur ubin komputasi yang diperbarui mencakup inti hybrid dengan inti performa (P-Cores) dan inti efisien (E-Cores). Prosesor ini menangani tugas berat sambil menghemat daya. P-Cores didesain untuk tugas berperforma tinggi, sementara E-Cores dioptimalkan untuk efisiensi daya, termasuk kumpulan E-Core berdaya rendah yang menangani tugas-tugas ringan seperti pemutaran video atau tugas di latar belakang. 

Intel Core Ultra hadir dengan arsitektur hybrid yang menggabungkan teknologi Intel Adaptive Boost dan Intel Turbo Boost Max Technology 3.0. Teknologi ini dirancang untuk memberikan performa luar biasa dengan cerdas meningkatkan kecepatannya melebihi frekuensi terukurnya, berdasarkan faktor seperti daya, panas, dan beban kerja. Teknologi ini hanya tersedia pada prosesor Intel Core Ultra 7 seri H tertentu dan prosesor Intel Core Ultra 9 seri H tertentu. Selain itu, seri U dari prosesor ini dioptimalkan untuk laptop dan desktop premium yang tipis dan bertenaga, memberikan keseimbangan optimal antara performa dan efisiensi daya. Intel Core Ultra dibangun pada node proses baru yang meningkatkan efisiensi daya secara signifikan. Pemisahan ubin arsitektur Intel juga memainkan peran penting dalam mengurangi konsumsi daya chip secara keseluruhan. 

Fitur utama dari Core Ultra ini adalah unit pemrosesan kecerdasan buatan terintegrasi (NPU). NPU ini memungkinkan prosesor untuk menangani komputasi AI secara offline tanpa memerlukan koneksi internet, sehingga meningkatkan produktivitas dan menjaga privasi pengguna. Core Ultra juga mendukung instruksi jaringan saraf virtual (VNNI) pada Crestmont E-Cores untuk performa AI yang lebih baik dan efisiensi daya yang lebih tinggi. Prosesor Core Ultra menggunakan GPU Intel Arc yang terintegrasi, memungkinkan pengalaman gaming dan pembuatan konten yang lebih baik. Beberapa model Core Ultra seri H bahkan mendukung GPU Intel Arc Pro untuk sertifikasi ISV, memberikan grafis yang lebih baik dan performa yang lebih tinggi untuk aplikasi grafis berat atau game dengan resolusi tinggi. Intel Core Ultra menawarkan keseimbangan optimal antara daya dan performa, sehingga pengguna dapat tetap produktif lebih lama tanpa harus sering mengisi daya. Dengan efisiensi AI hingga 70% lebih cepat, performa grafis hingga dua kali lipat dengan GPU Intel Arc bawaan, dan penghematan daya hingga 25% dari konsumsi daya prosesor sebelumnya, Core Ultra memberikan pengalaman komputasi yang efisien dan berdaya tahan lama. 

Intel Core Ultra merupakan solusi unggulan untuk transformasi AI pada PC yang menawarkan performa handal dan fitur-fitur canggih. Dengan integrasi NPU, peningkatan performa grafis, dan efisiensi daya yang lebih baik, prosesor ini siap memenuhi kebutuhan pengguna yang semakin kompleks dan menuntut performa tinggi. Prosesor Core Ultra membawa era baru komputasi yang lebih cerdas, efisien, dan berdaya tinggi, membuka peluang baru dalam pengembangan teknologi masa depan.

Penulis : Maulina Nur Laila

Editor : Yudhistira Azhar Haryono Putra, Melatie Raghyl Putri

Sumber Referensi : 

https://www.jagatreview.com/2024/05/prosesor-intel-core-ultra-generasi-berikutnya/

https://www.anandtech.com/show/21282/intel-core-ultra-7-115h-review-meteor-lake-makes-makes-fresh-start-to-mobile-cpus

https://www.intel.com/content/www/us/en/newsroom/news/core-ultra-client-computing-news-1.html#gs.9gwdm4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *