Bangun Relasi dengan HIMAFORTIC UNESA Melalui Ormawa Visit

Foto: Foto bersama HIMAFORTIC dan HMSI (Sumber: HMSI)

Pada hari Sabtu, 25 Mei 2024 dilaksanakan kegiatan Ormawa Visit di Departemen Sistem Informasi. Kegiatan ini merupakan studi banding yang diselenggarakan oleh Departemen Eksternal Affair Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi. Ormawa visit ini bertujuan sebagai wadah untuk bertukar pikiran dan menambah relasi dengan perguruan tinggi lain. Biasanya ormawa visit ini dilaksanakan satu kali di tiap semesternya. Pada semester ini ormawa visit dilaksanakan dengan menggaet Himpunan Mahasiswa Manajemen Informatika (HIMAFORTIC) Universitas Negeri Surabaya sebagai partner.

Acara yang berlangsung di ruang 1101-1102 Smart Class Departemen Sistem Informasi ITS ini, melibatkan fungsionaris HMSI kabinet Inovasi. Perwakilan dari semua departemen yang ada mengikuti ormawa visit bersama dengan rekan-rekan dari HIMAFORTIC. Kegiatan berlangsung dengan penuh semangat dan antusiasme dari para peserta. 

Acara dimulai dengan perkenalan dari masing-masing himpunan, lalu dilanjutkan dengan serangkaian kegiatan interaktif seperti ice breaking berupa games tebak gaya, dan Focus Group Discussion (FGD). Pada sesi FGD, departemen dari masing-masing himpunan yang telah dikelompokkan akan berkumpul membentuk forum diskusi kecil untuk bertukar pikiran mengenai agenda dan proker dari masing-masing himpunan.

Foto: Sesi FGD Ormawa Visit (Sumber: HMSI)

Ormawa visit kali ini memberikan kesan yang baik bagi kedua himpunan mahasiswa. Fungsionaris HMSI mendapatkan pengetahuan baru mengenai proker dan agenda yang diselenggarakan oleh HIMAFORTIC. Sebaliknya, fungsionaris HIMAFORTIC juga mendapatkan pengetahuan mengenai proker dan agenda apa saja yang ada di HMSI. Tentunya terdapat perbedaan mengenai bagaimana setiap himpunan menjalankan proker atau agendanya masing-masing, tetapi itulah inti dari kegiatan ini. Dengan adanya diskusi ini, menambah peluang bagi masing-masing himpunan untuk dapat mengevaluasi dan memperbaiki kinerja dari suatu proker. Misalnya, di departemen luar negeri HIMAFORTIC terdapat proker company visit, sedangkan company visit HMSI dipegang oleh departemen TechDev. 

Foto: FGD departemen Eksternal HMSI dan HIMAFORTIC (Sumber: HMSI)

“Ormawa visit pertama di kabinet HMSI Inovasi, jadi seru banget ya. Paling berkesan pas sesi FGD karena disitu kami bisa mengetahui dan mengenal proker dan agenda dari HIMAFORTIC dan juga perbedaan apa yang ada dari masing-masing himpunan, terutama di departemen eksternal–nya”, tutur Jessica selaku penanggung jawab kegiatan ormawa visit kali ini.

Ormawa visit kali ini merupakan kegiatan studi banding antara HMSI ITS dengan Himpunan Mahasiswa Manajemen Informatika Unesa. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membangun relasi yang belum ada serta sebagai wadah untuk bertukar pikiran untuk pembelajaran bersama. 

Penulis : Mutiara Noor Fauzia

Editor : Yudhistira Azhar Haryono Putra, Melatie Raghyl Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *