Mengenal Keprofesian Sistem Informasi : Data Scientist

Foto : Ilustrasi data scientist (Sumber: shutterstock)

Revolusi industri 4.0 yang diiringi dengan perkembangan teknologi yang pesat membawa dampak besar terhadap kebutuhan industri terhadap pelayanan atau pekerjaan yang berbasis teknologi digital. Salah satu dampaknya adalah meningkatnya kebutuhan pengelolaan data yang besar (big data) yang kini telah banyak dipakai dalam suatu perusahaan. Pengelolaan data ini dilakukan oleh profesi bernama data scientist, apakah itu?

Apa itu Data Scientist?

Data scientist adalah suatu profesi yang menggabungkan rumpun ilmu komputer (pemrograman), statistik, dan matematika yang bertujuan untuk mengumpulkan, menafsirkan serta menganalisis kumpulan data besar yang terstruktur dan tidak terstruktur. Analisis data inilah yang merupakan informasi yang perlu diketahui oleh perusahaan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan suatu keputusan. 

Foto : Bidang keilmuan data scientist (Sumber: Algoritma Data Science)

Prospek Data Scientist di Indonesia

Kini, kebutuhan perusahaan akan pekerjaan data scientist semakin meningkat. Banyak perusahaan besar yang mulai  menggunakan big data untuk keberlangsungan bisnis ataupun perusahaan mereka. Hal ini dibuktikan oleh laporan tenaga kerja versi LinkedIn bahwa pekerjaan yang bergerak di bidang data  telah meningkat 6 kali lipat dalam lima tahun terakhir. Kebutuhan perusahaan akan data scientist yang kian melonjak ini menjadikan data scientist sebagai prospek pekerjaan yang menjanjikan.

Skills yang Diperlukan Data Scientist

Adapun kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang data scientist sebagai berikut:

  1. Analisis Statistik 

Analisis statistik merupakan keterampilan utama yang perlu dimiliki seorang data scientist. Dengan analisis statistik, seorang data scientist dapat mengidentifikasi pola dan tren yang ada dalam suatu data. Hal ini meliputi penerapan ilmu komputer dan machine learning untuk membuat suatu hipotesis atau keputusan.

  1. Pemrograman

Seorang data scientist  harus menguasai bahasa pemrograman seperti Java, R, dan Python. Kemampuan pemrograman  ini digunakan untuk mengolah dan visualisasi data sampai dengan pengembangan algoritma machine learning.

  1. Database dan Query 

Seorang data scientist juga harus paham mengenai pengelolaan database menggunakan SQL. Hal  ini juga termasuk pemahaman mengenai SQL commands, seperti

  • Data Query Language
  • Data Manipulation Language
  • Data Definition Language
  • Data Control Language

Tugas dan Tanggung Jawab Data Scientist

Tugas dan tanggung jawab seorang data scientist meliputi:

1. Mengidentifikasi sumber pengumpulan data untuk kebutuhan bisnis.

Seorang data scientist perlu mengidentifikasi sumber data yang relevan untuk keperluan perkembangan bisnis kedepannya.

2. Memproses, membersihkan, dan mengintegrasikan data.

Seorang data scientist bertugas untuk memproses data mentah menjadi format yang dapat dianalisis. Proses ini termasuk dengan membersihkan serta mengintegrasikan data.

3. Mengembangkan, mengimplementasikan, dan memelihara database.

Dengan keterampilan dalam pengelolaan database SQL maupun NoSQL, data scientist juga diharapkan bertanggung jawab atas pengembangan, implementasi, dan pemeliharaan database.

4. Menghasilkan informasi dan wawasan dari kumpulan data dan mengidentifikasi tren dan pola.

Seorang data scientist pada perusahaan berperan sebagai seorang informan, yang artinya  seorang data scientist harus dapat memberikan informasi berbasis data yang dapat membantu keputusan bisnis dan meningkatkan efisiensi perusahaan.

Mata Kuliah Sistem Informasi

Prospek keprofesian yang satu ini memang sangat menggiurkan. Tidak heran semakin banyak orang yang tertarik menjadi data scientist. Di Sistem Informasi ITS, ada beberapa mata kuliah yang mengajarkan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi data scientist. Mata kuliah tersebut meliputi Statistika, Sistem Basis Data, Pemodelan Analitika Prediktif, dan masih banyak lagi.

Mata kuliah tersebut mengajarkan keterampilan dasar dalam menafsirkan data. Pastinya, mahasiswa Sistem Informasi akan dibekali ilmu dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang data scientist

Penulis : Naila Cahya Firdausi

Editor : Maulina Nur Laila dan Mutiara Noor Fauzia

Referensi :

https://blog.skillacademy.com/apa-itu-data-scientist

https://pmb.itats.ac.id/menilik-prospek-kerja-data-scientist-di-indonesia/

https://bakrie.ac.id/articles/453-yuk-kenalan-dengan-pekerjaan-data-scientist.html