Claude Enterprise: Rilisan AI milik Anthropic untuk Bisnis dan Perusahaan

Foto: Halaman utama Claude for Enterprise (Sumber: Anthropic)

Artificial Intelligence atau yang dikenal dengan singkatan AI tak hentinya-hentinya melebarkan sayap di berbagai sektor kehidupan. Tak dapat dipungkiri bahwa integrasi AI kini dibutuhkan di berbagai sektor, salah satunya dalam bisnis. Pada 4 September 2024, perusahaan AI Anthropic mengumumkan peluncuran Claude Enterprise sebagai solusi AI yang komprehensif bagi kebutuhan bisnis dan perusahaan. Dibangun atas fondasi Claude sebagai model AI yang canggih, Claude Enterprise dirancang dengan skalabilitas dan sekuritas data tingkat tinggi yang didedikasikan untuk menangani berbagai kebutuhan perusahaan yang kompleks. 

Apa Saja Fitur Unggulan dari Claude for Enterprise?

Foto: Fitur Perluasan Jendela Konteks (Sumber: Anthropic)
  1. Jendela Konteks yang Diperluas

Salah satu fitur utama dari Claude Enterprise adalah jendela konteks yang diperluas hingga 500.000 token. Perluasan jendela konteks ini mengacu pada peningkatan kapasitas Claude untuk menyimpan dan memproses 500.000 token informasi dalam waktu bersamaan. Dalam konteks penyimpanan informasi, jumlah ini dapat menampung ratusan transkrip penjualan, belasan dokumen yang lebih dari 100 halaman, atau basis kode berukuran sedang. Hal ini memungkinkan organisasi untuk memanfaatkan basis pengetahuan internal mereka yang luas, dokumentasi, dan data relevan lainnya untuk memberikan Claude pemahaman yang lebih mendalam tentang domain dan kebutuhan spesifik mereka. Peningkatan kapasitas ini juga mendongkrak kemampuan Claude dalam memahami dataset atau dokumen secara koherensif dan melakukan analisis kompleks pada kumpulan data yang besar dalam satu sesi. 

Foto: Fitur Integrasi dengan GitHub (Sumber: Anthropic)
  1. Integrasi dengan GitHub

Integrasi dengan GitHub adalah fitur yang mendukung kebutuhan tim pengembang untuk bekerja dengan optimal. Dengan fitur sinkronisasi antara repositori GitHub dengan Claude, Claude dapat mengakses dan menganalisis basis kode pada perusahaan. Claude kemudian dapat memberikan layanan berupa asistensi sepanjang siklus hidup pengembangan perangkat lunak. Tim pengembang dapat menggunakan Claude untuk merancang fitur baru, memecahkan masalah yang kompleks, hingga mendorong efisiensi dalam penerimaan anggota tim baru.

Fitur ini tersedia dalam versi beta untuk pengguna awal Claude Enterprise dan diperkirakanakan dirilis secara luas pada akhir tahun 2024. Integrasi dengan Github diklaim oleh Anthropic sebagai yang pertama dapat menghubungkan Claude dengan sumber dan basis data perusahaan yang selanjutnya akan terus berkembang.

  1. Fitur Keamanan yang Kuat untuk Perusahaan

Faktor keamanan data tentu merupakan hal yang penting dalam suatu perusahaan. Claude for Enterprise telah dibekali dengan fitur keamanan data yang menjamin keamanan dan privasi data organisasi yang penting. Fitur keamanan utama meliputi:

  • Single sign-on (SSO) dan pengambilan domain: SSO memungkinkan organisasi untuk mengelola akses pengguna dengan proses otentikasi yang terjamin, serta menerapkan kontrol atas penyediaan akun yang terpusat,
  • Akses berbasis peran dengan pengaturan izin yang rinci: Fitur ini memungkinkan organisasi untuk menetapkan pemilik utama untuk ruang kerja mereka serta menerapkan pengaturan akses yang terperinci untuk memastikan keamanan informasi sensitif agar hanya dapat diakses oleh individu yang berwenang.
  • Log audit: Fitur ini memungkinkan organisasi untuk melacak dan memantau aktivitas sistem dan perilaku pengguna melalui catatan yang terperinci. Fitur ini membantu menjaga akuntabilitas dan memfasilitasi investigasi insiden. 
  • Sistem untuk Manajemen Identitas Lintas Domain (SCIM): SCIM adalah protokol standar yang memungkinkan organisasi untuk mengotomatiskan penyediaan pengguna dan kontrol akses di berbagai sistem. Dengan mendukung penggunaan SCIM, Claude Enterprise menyederhanakan proses pengelolaan siklus hidup pengguna dan memastikan kebijakan kontrol akses yang konsisten. 

Claude Enterprise dalam Operasional Bisnis dan Perusahaan

Dengan fitur-fiturnya yang unggul, Claude Enterprise ditawarkan bagi perusahaan besar yang membutuhkan kemampuan AI dengan standar sekuritas dan skalabilitas yang tinggi dalam waktu yang sama. Fleksibilitas dari Claude Enterprise menjadikannya layak digunakan dalam berbagai kasus, salah satunya dalam peningkatan efisiensi di berbagai kebutuhan bisnis yang meliputi:

  • Menggunakan Claude untuk menganalisis tren pasar dan menyusun kampanye yang menarik dengan lebih cepat.
  • Menggunakan Claude dalam menyusunspesifikasi untuk membangun prototipe interaktif.
  • Menggunakan basis pengetahuan Claude untuk memberikan tanggapan yang lebih akurat dan konsisten terhadap pertanyaan pelanggan. 

Adanya Claude Enterprise diharapkanakan meningkatkan fungsionalitas perusahaan dalam kolaborasi tim dengan memanfaatkan asisten AI yang canggih. Sejumlah perusahaan pengguna awal Claude Enterprise, seperti GitLab dan MidJourney, telah memberikan ulasan positif mengenai pengalamannya selama menggunakan Claude Enterprise. Taylor McCaslin, Product Lead untuk AI dan ML Tech di GitLab, mencatat bahwa Claude memungkinkan mereka untuk mengerjakan tugas yang lebih rumit sambil memastikan kekayaan intelektual mereka tetap bersifat pribadi dan terlindungi. Dengan kelebihan dan ulasan positif ini,, Claude Enterprise dapat dijadikan suatu opsi bagi perusahaan besar yang menginginkan efektivitas dan efisiensi dalam operasional mereka.

Penulis : Naila Cahya Firdausi

Editor : Maulina Nur Laila dan Mutiara Noor Fauzia

Referensi

https://www.anthropic.com/news/claude-for-enterprise

https://www.unite.ai/id/rencana-perusahaan-claude/

https://beginswithai.com/claude-for-enterprise/