SINERGI, Pelatihan Kemasyarakatan Mahasiswa Sistem Informasi

Halo, teman-teman Pembawa Perubahan! Wah, tidak terasa kita sudah melewati Evaluasi Tengah Semester pada minggu ke-8 perkuliahan. Saatnya kita sekarang melanjutkan perkuliahan seperti biasa. Semoga kalian tetap semangat ya kuliahnya!

Selain kuliah, kita juga telah melakukan berbagai kegiatan di luar akademik, bukan? Saat ini, banyak kegiatan atau acara yang diselenggarakan secara daring. Namun, bagaimana jika kegiatan kemasyarakatan dilakukan secara online? Untuk itu, kita akan membahas mengenai salah satu kegiatan kemasyarakatan dari mahasiswa Sistem Informasi yang diadakan oleh Departemen Social Development HMSI yakni, SINERGI Batch VIII.

SINERGI atau Sistem Informasi Mengabdi Untuk Negeri merupakan salah satu kegiatan mahasiswa Sistem Informasi yang bertujuan untuk mencerdaskan mahasiswa baru Sistem Informasi mengenai pengabdian masyarakat, terutama pada bidang keprofesian Sistem Informasi. Acara Sinergi ini berlangsung selama 2 hari pada tanggal 23-24 April 2021 yang dilakukan secara daring. Meskipun diadakan secara daring, tetapi acara ini dirancang dengan baik supaya ilmu yang didapatkan bisa diterima dengan baik oleh peserta dan teraplikasikan dengan baik di kehidupan nyata. Acara sinergi diikuti oleh 35 peserta yang merupakan Mahasiswa Sistem Informasi tahun 2020. 

Kegiatan Sinergi ini berbentuk sebuah pelatihan yang memiliki beberapa rangkaian acara seperti, materi mengenai kemasyarakatan, simulasi, diskusi ringan, adanya pre-test dan post-test dan games agar peserta yang mengikuti sinergi tidak merasa jenuh selama pelatihan berlangsung. Ada 4 materi yang disampaikan dalam Sinergi Batch VIII kali ini yaitu, Manajemen acara/Tata Kelola Kegiatan yang disampaikan oleh Mas Gandhi (Mahasiswa SI 2018), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran oleh Mas Panji (pemateri Sinergi Batch 7), Manajemen kelas oleh Mbak Tengara Kasih, dan Pengabdian Masyarakat oleh Mas Meidy (Sosial Masyarakat BEM Rectoverso ITS 2021).

Untuk mengikuti SINERGI Batch VIII, terdapat tahapan yang harus dilakukan oleh peserta. Pertama, peserta yang ditujukan untuk Mahasiswa Sistem Informasi 2020 meyiapkan berkas-berkas untuk pendaftaran Sinergi. Kedua, peserta yang dinyatakan lolos berkas, akan mengikuti tahapan selanjutnya, yakni Wawancara mengenai Sinergi. Kemudian peserta akan di seleksi oleh panitia dan terakhir adalah pengumuman peserta yang lolos tahapan wawancara. Peserta yang lolos sampai tahap akhir, dapat mengikuti acara sinergi. Selanjutnya, pelaksanaan pengabdian masyarakat secara langsung akan dilanjutkan pada tahap SIMETRI atau Sistem Informasi Mengajar Teknologi Informasi.

Kendala yang dirasakan oleh panitia Sinergi Batch VIII ini adalah bagaimana mengonsep kegiatan kemasyarakatan secara online. Pada Sinergi Batch VII sebelumnya, peserta dapat mengaplikasikan langsung materi yang disampaikan dengan melakukan Socio Trip, yakni mengajar anak-anak kecil di Taman Mundu, Surabaya. 

Untuk itu, batch kali ini panitia mengadakan simulasi setelah materi supaya peserta masih bisa mengaplikasikannya secara tidak langsung. “Sudah bagus dan menyenangkan, pematerinya kebanyakan asik, terima kasih mas dan mbak,” ungkap salah satu peserta Sinergi, Aliya Zahra Nurulhusna, Mahasiswa SI 2020. Untuk rencana ke depannya, HMSI akan mencoba membuat konsep Simetri yang lebih seru dan menarik. Ditunggu ya teman-teman untuk kegiatan HMSI selanjutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *