SAP: Solusi Bisnis Terbaik untuk Efisiensi dan Produktivitas

Sumber (news.sap.com)

Suatu perusahaan pastinya membutuhkan tools atau sistem yang mudah diaplikasikan, namun tetap bisa digunakan untuk memonitor secara otomatis. Salah satu market leader untuk sistem yang dimaksud  adalah SAP. SAP, atau yang kerap disebut sebagai System Application and Product in Data Processing, adalah sistem yang digunakan dalam suatu perusahaan untuk mendukung fungsi atau aktivitas manajemen proses bisnis yang dilakukan secara otomatis. Dengan demikian, efisiensi dan produktivitas perusahaan dapat meningkat. Sistem ini terdiri dari beberapa modul yang memiliki tugas masing-masing sesuai dengan perintah yang diberikan. Semua modul ini telah diintegrasikan ke dalam satu sistem terpadu untuk memberikan informasi yang akurat dan secara real-time kepada penggunanya.

Apa itu SAP?

SAP adalah sebuah perangkat lunak berbasis ERP (Enterprise Resources Planning) yang digunakan untuk menjalankan manajemen aktivitas harian dari sebuah organisasi atau perusahaan. Adapun, ERP adalah suatu sistem terintegrasi yang ditujukan untuk mendukung semua kegiatan yang berhubungan dengan operasional perusahaan. ERP bertugas untuk menghubungkan departemen-departemen dalam perusahaan dengan mudah dan cepat agar dapat menciptakan  kolaborasi yang unggul. Dengan demikian, perusahaan dapat menghasilkan performa  yang memuaskan sembari memegang erat asas progresif.

Tagline SAP

Pada tahun 2018, SAP telah memperbarui tagline-nya menjadi “The Best Run SAP”. Makna dari tagline ini sendiri adalah bahwa semua perusahaan bisnis terbaik di dunia telah menjalankan SAP. Beberapa perusahaan internasional seperti Marico, Symphony, lalu Jubilant Foodworks telah menyebutkan SAP dalam laporan tahunan mereka pada tahun 2017–2018. Tidak hanya itu, perusahaan nasional Indonesia seperti Garuda Indonesia, PT Telkom Indonesia, PT Bank Central Asia Tbk, dan beberapa perusahaan lainnya pun juga sudah ikut mengimplementasikan dan merasakan manfaatnya. Dari sini kita dapat melihat bahwa SAP merupakan salah satu sistem manajemen bisnis terbaik di dunia, sehingga digunakan oleh perusahaan besar.

Sumber (edukasi.okezone.com)

Produk SAP

Ditengah banyaknya kebutuhan perusahaan, SAP menawarkan berbagai produk yang sekiranya diperlukan oleh perusahaan, diantaranya:

  1. ERP and Finance
  2. CRM and Customer Experience
  3. Network and Spend Management
  4. Digital Supply Chain
  5. HR and People Engagement
  6. Experience Management
  7. Business Technology Platform
  8. Digital Transformation
  9. Small and Midsize Enterprises
  10. Industry Solution

Kenapa perusahaan harus menggunakan SAP?

Model bisnis tradisional seringkali mendesentralisasikan manajemen data, di mana setiap fungsi bisnis menyimpan data operasionalnya dalam database terpisah. Hal ini menyulitkan karyawan dengan fungsi yang berbeda untuk mengakses informasi satu sama lain. Kondisi tersebut disebut juga sebagai Information Systems Silo, seperti yang sempat dibahas dalam mata kuliah System Enterprise. Selain itu, duplikasi data antara beberapa departemen meningkatkan biaya penyimpanan TI dan risiko kesalahan data.  

Melalui sentralisasi manajemen data, perangkat lunak SAP menyediakan beberapa fungsi bisnis dengan data yang terpusat. Hal ini membantu perusahaan mengelola proses bisnis yang kompleks dengan lebih baik, dengan cara memberi akses yang mudah bagi karyawan di berbagai departemen ke tampilan real-time dari seluruh perusahaan. Dengan demikian, perusahaan dapat mempercepat alur kerja, meningkatkan efisiensi operasional, meningkatkan produktivitas, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan pada akhirnya meningkatkan keuntungan.

Apa manfaat SAP?

Berikut adalah beberapa manfaat jika suatu perusahaan sudah menerapkan sistem SAP:

  1. Meningkatkan kecepatan bisnis perusahaan.
  2. Meningkatkan kualitas kegiatan bisnis dengan meningkatkan kualitas informasi yang diterima dari pasar.
  3. Membantu proses monitoring.
  4. Pencatatan perusahaan lebih terstruktur dan sistematis.
  5. Meningkatkan pendapatan perusahaan.

(MR)

Referensi:

https://www.soltius.co.id/id/blog/mengenal-sistem-sap-dan-manfaatnya

https://www.sap.com/about/company/what-is-sap.html

https://mekari.com/blog/apa-itu-sap/

https://www.quora.com/What-is-SAPs-corporate-slogan-What-does-it-mean

https://www.sterling-team.com/news/apa-itu-sap-pengertian-penggunaan-dan-pentingnya-sap-dalam-perusahaan/#:~:text=Singkatan%20SAP%20adalah%20System%20Application,persoalan%20perusahaan%20yang%20sangat%20kompleks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *