Pada ajang Kompetisi Jembatan Indonesia dan Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia (KJI & KBGI) awal November lalu, Institut Teknologi Sepuluh Nopember mengirimkan tiga tim untuk bersaing dengan perguruan tinggi lainnya. Salah satunya adalah Tim Haga yang berhasil menyabet Juara 1, Juara Kategori Jembatan Terkokoh, serta Juara Umum dalam ajang KJI Kerangka Baja.

 

Tim dengan anggota Ricardo Fransiskus dan Ganjar Ageng Wicaksono ini berhasil mendesain jembatan yang ketika diberikan beban, medapatkan nilai lendutan terkecil dibandingkan tim lainnya. Setelah tim selesai merakit model jembatan, pengujian dengan beban sebesar 60 kg dilakukan untuk mengetahui lendutan dari model tersebut. Setelah dilakukan pengujian, diketahui lendutan dari model jembatan Tim Haga berada dibawah angka 0,5 mm.

 

 

Berkat ini, Tim Haga memenangkan Kategori Jembatan Terkokoh serta Juara 1 KJI. Dengan jumlah medali serta perolehan skor yang terbanyak di antara perguruan tinggi lainnya, ITS berhasil mendapatkan gelar Juara Umum pada ajang KJI ke 16 tersebut. Prestasi ini melanjutkan, prestasi sebelumnya dimana ITS berhasil mendapatkan Juara Umum pada ajang KJI ke 15.

Leave a Comment