HIMASTA-ITS

Warna Warni Hari Pers Nasional di Jawa Timur

Photo by Indri Febriani Hartono

Hari Pers Nasional (HPN) yang diperingati setiap tanggal 9 Februari merupakan momen kilas balik sejarah salah satu profesi yang memiliki peranan penting dalam masyarakat, terlebih peranannya sepanjang sejarah Indonesia. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, perayaan Hari Pers Nasional dilaksanakan bergilir antar provinsi. Tepat pada tahun 2019, Jawa Timur menjadi tuan rumah.

Penentuan Jawa Timur sebagai tuan rumah diputuskan dalam rapat pleno Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Selasa (15/5/2018) dengan penilaian berupa: komitmen pemerintah daerah; kesiapan, kekompakan, dan kemampuan PWI provinsi; animo sektor swasta; lokasi puncak acara Hari Pers Nasional 2019 dan konvensi media massa; konektivitas/frekuensi penerbangan menuju Surabaya; dan keadaan kota Surabaya (kemacetan, kebersihan, kriminalitas). Tema peringatan yang diambil pada Hari Pers Nasional 2019 ialah “Pers Menguatkan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital” yang dikatakan sejalan dengan pemilihan Jatim sebagai tuan rumah, pasalnya, Jatim adalah salah satu provinsi di Indonesia yang konsisten tumbuh di atas pertumbuhan rata-rata nasional.

Dalam penyelenggaraan Hari Pers Nasional 2019, Persatuan Wartawan Indonesia selaku penggerak utama acara ini turut menggandeng organisasi pers lainnya, mulai dari Dewan pers, Serikat Perusahaan Pers (SPS), Serikat Grafika Pers (SGP), Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I), Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI), dan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI). Peringatan HPN 2019 diisi dengan serangkaian acara yang melibatkan antar komponen pers, masyarakat dan pemerintah khususnya pemerintah Surabaya.

Rangkaian acara yang berlangsung sejak selama tiga hari berturut-turut ini, Kamis (7/2/2019) sampai dengan Sabtu (9/2/2019), dibuka dengan pameran Pers di Grand City Mall, Surabaya. Pameran ini diikuti berbagai media cetak, online, televisi, radio, kementerian, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) hingga Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM). Pameran yang berlangsung selama tiga hari ini memanjakan pengunjung dengan informasi perkembangan pers di era digitalisasi.

Rangkaian acara lain yang tak kalah meriahnya pada HPN 2019 adalah Golden Award SIWO PWI Pusat 2019 yang dilaksanakan pada hari Jumat (8/2) di Gedung Grahadi, Surabaya. Golden Award SIWO PWI Pusat 2019 merupakan malam penghargaan dari Seksi Wartawan Olahraga, Persatuan Wartawan Indonesia. Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah menteri, tokoh-tokoh pemerintahan, serta petinggi instansi lainnya. Golden Award SIWO PWI Pusat 2019 ini adalah suatu acara pemberian penghargaan kepada para atlet, pelatih, gubernur, bupati, menteri, juga tokoh-tokoh yang berkontribusi dalam dunia Olahraga. Tidak ketinggalan juga penghargaan untuk atlet penyandang disabilitas yang mengharumkan nama Indonesia pada ajang Asian Para Games 2018. 

Pada hari terakhir perayaan HPN 2019 dimeriahkan oleh konser Gebyar Pesona HPN 2019 yang diselenggarakan di Lapangan Kodam V Brawijaya, Surabaya. Kegiatan hiburan ini menghadirkan tiga penyanyi Ibu Kota, yakni Padi Reborn, Rizky Febian, dan pedangdut Uci Sucita. Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), organisasi pengelola media Siber di seluruh Indonesia, merupakan penginisiasi dari ajang hiburan ini. Kehadiran SMSI di HPN 2019 memberikan nuansa baru bagi event tahunan segenap insan pers Indonesia, karena mengedepankan digital modern concept sebagai generasi baru media kekinian.

Acara puncak peringatan Hari Pers Nasional 2019 pada hari Sabtu (9/2) digelar di Grand City Mall Surabaya dihadiri langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. Sejumlah stakeholder termasuk beberapa duta besar negara juga turut datang dan meramaikan acara terakhir dari rangkaian peringatan Hari Pers Nasional 2019. Pada acara puncak ini, Presiden Jokowi menerima penghargaan Kemerdekaan Pers karena dinilai sudah menjamin kebebasan pers, dan memiliki kepedulian terhadap perkembangan pers nasional. (ifh/ang)

Warna Warni Hari Pers Nasional di Jawa Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top