HIMASTA-ITS

Ajang Tahunan Station 2019 Tarik Antusiasme Peserta

Setelah babak penyisihan STATION 2019 yang dilaksanakan pada Minggu (10/02), 80 tim berhasil lolos ke babak semifinal baik yang mengikuti penyisihan secara online maupun offline. Tahap semifinal diselenggarakan di Surabaya, tepatnya di Departemen Statistika Institut Teknologi Sepuluh nopember pada Sabtu (23/02). Namun sebelum itu, peserta yang juga didampingi guru pendamping mengikuti Galla Dinner di Asrama Haji, Surabaya pada Jumat (22/02) yang mana juga menjadi tempat penginapan bagi peserta dan guru selama mengikuti serangkaian acara STATION 2019 . Galla Dinner ini dihadiri juga oleh panitia STATION 2019, Ketua HIMASTA-ITS 2018/2019 dan Kepala Departemen Statistika ITS.

Galla Dinner dibuka dengan sambutan dari Ardiansyah Setyo Pambudi, Ketua STATION 2019. Lalu Ketua HIMASTA-ITS 2018/2019, Rifqi Rabbanie, dan Kepala Departemen Statistika ITS, Suhartono,S.si.,M.Sc.,Dr. Acara berlangsung sangat meriah dengan antusiasme dari peserta dan juga guru pendamping. Selain itu, terdapat penampilan dari angklung BIMITS yang menambah meriahnya acara malam itu. Pada rangkaian babak ini tidak hanya berisi tentang perlombaan antar kelompok peserta tetapi juga seminar guru pendamping yang dilaksanakan di hari yang sama saat peserta melaksanakan babak semifinal.

Dari babak semifinal hanya 30 tim terbaik yang dapat mengikuti babak final. Namun, peserta yang gagal pada tahap semifinal tidak serta merta langsung kembali ke region masing-masing, mereka masih memiliki kesempatan menang pada lomba infografis yang diselenggarakan di jeda waktu pengumuman hasil pada tahap semifinal. Sebagai hiburan, panitia menyediakan sesi Surabaya City Tour yaitu tour menarik dan informatif ke tempat-tempat bersejarah, tempat yang dikunjungi adalah monumen Jalesveva Jayamahe yang terletak di Armada Timur Ujung, Semampir, Kota Surabaya. Setelah Surabaya City Tour, peserta dan pendamping dipersilahkan untuk beristirahat sebelum mengikuti babak final dan lomba infografis pada hari Minggu keesokannya.

Selanjutnya, pada saat babak final dan grandfinal, peserta yang lolos maupun tidak tetep mengikuti acara sampai selesai. Dan pada akhir rangkaian babak ini, STATION dimenangkan oleh tim dari SMAN 1 Kuta Utara atas nama Ridjky Tegar P dan I Made Gilang K. Selanjutnya, lomba infografis dimennagkan oleh tim dari SMAN 3 Malang, atas nama Kafi Irgie Rahmansyah dan Adam Putra Pratama, untuk kategori Best Strategy yang di menangkan oleh tim dari SMAN 2 Balige atas nama Fitri Simanjuntak dan Margareth Bonita P,dan dari kategori yang terakhir yaitu favorite photo dimenangkan oleh tim dari SMAN 1 Lawang atas nama Aulia Rachma Firdausy dan Ananda Amalia Rizki. Harapannya antusiasme dari siswa/siswi SMA di Indonesia untuk  STATION tak kalah banyak dari tahun ini. (mrn/ang)

Ajang Tahunan Station 2019 Tarik Antusiasme Peserta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top