HIMASTA-ITS

Warna Warni dalam BMS 2020

Materi dasar design yang dibawakan oleh Adhitanto Nabil, Ketua Unit Media Kreasi Hima Sthapati Arsitektur ITS.

Basic Media Schooling (BMS) atau yang dikenal dengan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) merupakan sebuah kegiatan pelatihan yang diselenggarakan hampir di seluruh himpunan mahasiswa pada tiap departemen di ITS dan dipantau langsung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika BEM-ITS. BMS sendiri adalah pelatihan yang menunjang minat mahasiswa S1 ITS di bidang jurnalistik dengan materi-materi seputar teknik dasar jurnalistik, desain, dan fotografi/videografi. Pemateri yang diundang merupakan pemateri andal mulai dari dalam ITS sampai luar ITS.

Pada tanggal 8 Februari 2020 kemarin, Himpunan Mahasiswa Statistika-ITS (HIMASTA-ITS) mengadakan BMS yang mengangkat tema : Creativity in Diversity”. “Alasan pemilihan tema ini karena bahan terpenting buat berpikir kreatif itu keberagaman. Tantangannya kalo keberagaman itu bisa berguna buat mendorong meningkatkan kreativitas. Apalagi sekarang di era 4.0 itu kita dituntut kreatif”, tutur Vergi selaku Ketua Pelaksana BMS HIMASTA-ITS.

BMS dibuka dengan sambutan dari Bapak Achmad Choiruddin selaku Perwakilan Departemen Statistika ITS, Ardiansyah Setyo Pambudi selaku Ketua HIMASTA-ITS, dan Vergilia Agam Saputri selaku ketua pelaksana BMS 2020. Setelah sambutan, dilanjutkan dengan materi pertama berisi seputar Teknik Desain yang dibawakan oleh Adhitanto Nabil, Ketua Unit Media Kreasi Hima Sthapati Arsitektur ITS. Kemudian diteruskan dengan simulasi desain. Disimulasi ini para peserta membuat cv kretif dengan aplikasi Corel Draw.

Materi kedua tentang Jurnalistik yang dibawakan oleh Bapak Abdul Rokhim, selaku pemimpin redaksi dari JTV. Sebelum mengisi materi, beliau sempat mengatakan bahwa, “melakukan apapun atau hasilnya apapun harus dimaklumi, karena jika kita sudah bekerja hukumnya tegas. Beranilah bereksperimen dalam hal apapun, kamu punya ide apapun wujudkan karena ini masa kalian, semua orang memaklumi jika terjadi kegagalan. Yang terpenting perbanyak relasi, bergaul dengan siapapun”.

Materi terakhir tentang Fotografi dibawakan oleh Umbara Sakti, mahasiswa PWK yang juga ketua ITS TV. Peserta diberi kesempatan melakukan simulasi fotografi dengan mengambil foto di beberapa tempat di Departemen Statistika ITS. Dalam kegiatan ini semua peserta terlihat antusias. “Di kegiatan ini saya bisa belajar mendesain grafik mulai dari dasar, selain itu saya juga bisa belajar fotografi dan videografi. Semoga kegiatan ini bisa diadakan lagi”, tutur salah satu peserta yang merupakan angkatan mahasiswa Statistika 2019. “Saya kan expert dalam bidang desain grafis, fotografi maupun jurnalistik. Dengan mengikuti kegiatan ini dapat membuka wawasan saya tentang desain grafis, fotografi maupun jurnalistik bagaimana cara saya agar desainnya lebih ahli lagi juga jurnalistik yang ada hubungannya dengan fotografi. Harapannya bisa diadakan lagi dan ditambah materinya”, tutur salah satu peserta lainnya.

Diakhir kegiatan Ketua Pelaksana BMS menyampaikan, “Harapannya ya tujuannya tercapai, supaya peserta mengerti tentang materi itu, karena nantinya pasti sangat dibutuhkan di dunia kerja”.

Warna Warni dalam BMS 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top