Blog

Autonomous Programming Competition

Teknologi autonomous pada saat ini menjadi daya tarik tersendiri bagi perusahan-perusahaan otomotif. Mobil yang dapat bekerja tanpa campur tangan manusia ini sudah mulai dikembangkan selama kisaran 3 abad dan semakin digandrungi banyak orang karena manfaat yang ditawarkan. Shell Eco Marathon sebagai fasilitator ajang pengembangan solusi mobilitas yang inovatif, setiap tahunnya selalu mengadakan kompetisi off-track yaitu autonomous programming competition yang mana saat ini berlangsung dari 13 Februari 2023 hingga 23 Maret 2023. Kompetisi virtual ini mendorong mahasiswa untuk membuat algoritma mobil hemat energi menggunakan Robot Operating System (ROS) pada simulator mobil autonomous.

Di tahun ini, SEM memberlakukan aturan yang lebih sulit karena setiap tim ditantang untuk menciptakan mobil dinamis yakni dapat bergerak sendiri menuju titik-titik koordinat pada peta yang telah disediakan. Berbekal pengalaman di tahun sebelumnya, ITS Team Sapuangin kembali berpartisipasi pada autonomous programming competition dengan melakukan beberapa improvisasi guna mendapatkan hasil yang lebih optimal dibandingkan kompetisi sebelumnya. Improvisasi paling signifikan yang dilakukan oleh tim ini adalah dengan mengoptimasi fitur-fitur dalam koding serta sensor yang ada pada program mobil autonomous. Pengoptimalan pada fitur koding dan sensor ini diperlukan dalam membantu jalannya mobil untuk mendapatkan energi, jarak, serta melewati traffic yang terdapat pada peta. Dengan fitur koding dan sensor yang maksimal, mobil dapat menempuh lintasan dengan jarak terpendek untuk menyelesaikan objektif yang diberikan dengan waktu seminimal mungkin. Pengoptimalan ini juga memberikan dampak yang besar pada energi yang digunakan. Semakin kecil energi yang digunakan maka mobil tersebut juga akan semakin efisien. 


Bagi tim riset mobil hemat energi ini, keikutsertaan mereka dalam kompetisi ini adalah cara untuk menciptakan inovasi baru khususnya pada bidang mobil efisien dengan harapan dapat direalisasikan di kehidupan. Pencapaian yang telah didapat pada tahun sebelumnya menjadi motivasi dan pembelajaran sehingga di tahun ini dapat melakukan improvisasi. Di tahun ini, ITS Team Sapuangin optimis mampu menyelesaikan tantangan dari SEM dan mempersembahkan hasil akhir yang lebih baik dari tahun sebelumnya serta kembali menjadi juara di Autonomous Programming Competition 2023.