Blog

ITS Team Sapuangin

ITS Team Sapuangin merupakan tim mobil tertua di ITS yang didirikan pada tahun 2009. Nama dari tim yang bermarkas di Departemen Teknik Mesin ITS ini diambil dari salah satu ilmu Sunan Kalijaga. Sapuangin merupakan ilmu mengenai transfer energi, kami berharap semangat dari anggota ITS Team Sapuangin dapat tersalurkan ke mobil ITS Team Sapuangin ketika berlomba. Dibentuk atas dasar kepedulian mahasiswa ITS terhadap isu penghematan energi. ITS Team sapuangin berhasil membuat 11 mobil efisien dan 7 mobil formula yang setiap tahunnya mengikuti berbagai macam kompetisi. Kompetisi yang kerap diikuti oleh tim ini yaitu Shell Eco-Marathon (SEM), Formula Student Japan (FSJ), dan Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE).

Shell Eco-Marathon merupakan satu diantara kompetisi skala internasional yang senantiasa diikuti oleh ITS Team Sapuangin. ITS Team Sapuangin pertama kali mengikuti SEM pada tahun 2010, setahun setelah pembentukan ITS Team Sapuangin. Sejak saat itu, tim ini tidak pernah absen mengikuti dan mempertahankan juara pada setiap kompetisi yang diadakan oleh SEM. Di tahun pertamanya saja, ITS Team Sapuangin telah berhasil menyabet banyak penghargaan, salah satunya yaitu mendapatkan juara sebagai Team Prototype Gasoline Indonesia terbaik. Kemudian, di tahun selanjutnya tim sapuangin berhasil mendapat rekor Asia Urban Gasoline dengan perolehan 273 KM/L. ITS Team Sapuangin juga menjadi juara dunia pada rangkaian perlombaan Shell Eco-Marathon yaitu Drivers’ World Championship pada tahun 2018 silam. ITS Team Sapuangin menutup tahun 2022 dengan meraih posisi 3 pada kategori Urban Concept dan energi Internal Combustion.

Selain SEM, ITS Team Sapuangin juga mengikuti kompetisi berskala internasional lainnya serta kompetisi nasional. Salah satu kompetisi internasional yang diikuti ITS Team Sapuangin adalah Student Formula Japan. ITS Team Sapuangin pertama kali mengikuti FSJ di tahun 2013 dan mendapatkan Best Rookie Award - 64 Rank. Terakhir, Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) yaitu kompetisi skala nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Di KMHE ini Tim Sapuangin selalu membawa pulang gelar Grand Champion dengan medali emas serta menjadi juara umum selama lima tahun berturut-turut pada periode 2017 - 2020.

Pada tahun yang baru ini, ITS Team Sapuangin berharap dapat kembali memberikan inovasi-inovasi terbaik. Saat ini, ITS Team Sapuangin sedang dalam proses pembuatan mobil baru. Kami berharap dengan mobil baru ini ITS Team Sapuangin dapat mengikuti berbagai macam kompetisi dan memberikan hasil yang lebih baik dari sebelumnya serta kembali mengikuti Drivers’ World Championship (DWC) dan menjadi juara dunia.