Blog

ITS Team Sapuangin Berhasil Mencetak Dua Juara di Sub Lomba Baru pada Shell Eco Marathon 2021

Surabaya, 7 Mei 2021 – ITS Team Sapuangin saat ini telah berhasil membawa pulang dua juara dari empat tantangan sub lomba dan dua bonus challenge yang dikompetisikan oleh Shell Eco Marathon dalam format kompetisi virtual-nya, dua sub lomba yang dijuarai telah diselenggarakan sekitar lima bulan terakhir ini secara daring dan ITS Team Sapuangin saat ini menempati posisi 6 di Dunia.

Empat sub lomba yang diusungkan oleh Shell Eco Marathon pada format kompetisi virtua-lnya hingga saat ini masih terjalankan tiga sub lomba dan satu kali bonus challenge, namun baru dua sub lomba dan satu bonus challenge yang diumumkan pemenangnya. Dua sub lomba tersebut yaitu Autonomous Programming Competition dan Virtual Off-Track Awards : Data and Telemetry Award.

Sebuah tantangan baru bagi ITS Team Sapuangin yang perlombaannya berlangsung dari Januari – Maret 2021, khususnya pada Divisi Electrical-nya. Dikarenakan pada sub lomba Autonomous Programming Competition ini peserta diharuskan membuat sebuah jalur lintasan dan skema mengemudi melalui pemrograman, “Pada perlombaan kali ini, tim kami harus mengembangkan jalur lintasan, persepsi, serta algoritma kontrol untuk kendaraan otonom dengan menggunakan Robot Operating System (ROS) versi Melodic” ujar Samsul Kadiv Electrical.

Pihak Shell Eco Marathon melakukan penilaian berdasarkan empat poin yaitu waktu, jarak tempuh, konsumsi energi, dan juga CPU usage. Banyaknya kendala dalam pengerjaan kompetisi kali ini mulai dari segi komputer yang belum memenuhi spesifikasi-nya dan juga lockdown kampus yang sempat berlaku pada saat itu, namun hal tersbut tidak mematahkan semangat dari divisi Electrical-nya. Hingga pada Selasa (30/03) melalui youtube resmi Shell Eco Marathon diumumkan bahwa ITS Team Sapuangin mendapatkan juara dua dengan skor 41 poin.

Selain perlombaan sub lomba Autonomous Programming Competition, pada bulan April – Mei 2021 divisi Engine and Drivetrain juga diberikan tantangan baru yaitu memungkinkan pengukuran jarak jauh dan pelaporan informasi kepada operator sistem, sehingga akan meningkatkan optimasi strategi berkendara.

Pada Jumat (07/05) genap sudah bagi ITS Team Sapuangin melalui youtube resmi Shell Eco Marathon pada sub lomba kali ini mencetak juara pertama bagi seluruh tim di dunia. Tentu ini juga merupakan hal yang tak disangka, “Kami bangga dengan pencapaian juara pertama di kategori ini, dan tidak menyangka akan menjuarai kategori Data & Telemetry Award, karena sempat mengalami kesusahan di awal perlombaan karena tidak terlalu mengetahui detail spesifikasi sistem telemetri yang digunakan. Tapi, tantangan itu akhirnya bisa ditaklukkan,” ujar Gilang Samudra salah satu staff Engine and Drivetrain.

 

 

Rida Ayu

External Relations ITS Team Sapuangin

ridaayuarfianti@gmail.com

082247768411