Blog

ITS Team Sapuangin berhasil menjuarai kompetisi Shell Eco Marathon 2024 Asia Pacific and Middle East Region

ITS Team Sapuangin kembali mendapatkan peringkat pertama pada kompetisi Shell Eco Marathon 2024 Asia Pacific and Middle East region yang diadakan di sirkuit Mandalika, Lombok, Indonesia pada 2 hingga 6 juli 2024 lalu. Dengan membawa kendaraan terbarunya yakni Sapuangin XI EVO 3, ITS Team Sapuangin berhasil mendapatkan capaian 482 km/l yang merupakan capaian terhemat setelah mengalahkan rival beratnya, tim Garuda UNY Eco (Universitas Negeri Yogyakarta) serta tim Antawirya Gentayu (Universitas Diponegoro). Setelah melewati perjalanan panjang dimulai dari technical inspection yang begitu sulit pada hari kedua, Tim Sapuangin mampu menduduki kembali juara pertama pada kategori Urban Concept Internal Combustion Engine.

Tidak selesai disana, ITS Team Sapuangin juga mendapatkan peringkat pertama pada regional championship mengalahkan sesama wakil Indonesia, yakni Arjuna Team (Universitas Indonesia) dan Semar UGM (Universitas Gajah Mada). Awalnya, Sapuangin kewalahan saat start. Mereka tertinggal dari Garuda UNY (Universitas Negeri Yogyakarta) dan Arjuna yang melesat. Namun, usai putaran pertama, gantian Sapuangin yang memimpin diikuti oleh Garuda UNY. Sementara, Arjuna dan Semar UGM tertinggal cukup jauh di belakang. Sapuangin akhirnya keluar sebagai pemenang setelah melewati tiga putaran. Arjuna mampu menyalip Semar UGM di trek lurus jelang garis finis selepas tikungan terakhir Sirkuit Internasional Mandalika. Ini merupakan kemenangan pertama bagi ITS Team Sapuangin di Kejuaraan Regional Shell Eco-marathon. Pada ajang yang sama tahun lalu, perwakilan dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (Surabaya, Jawa Timur) itu hanya finis di urutan tiga.

Sebagai peraih juara ajang kompetisi inovasi mobil hemat energi regional championship Shell Eco-marathon Asia-Pacific and the Middle East 2024, tim Sapuangin ITS berhak atas hadiah dari penyelenggara berupa kesempatan berkunjung dan belajar tentang motor sport di pabrik Ducati Thailand.