Blog

Launching Sapuangin XI Evo 3 "Revving Into The Future"

Pada tanggal 21 Juni 2024, ITS Team Sapuangin mengadakan launching dengan tema "Revving Into The Future". Launching ini bertujuan untuk memperlihatkan hasil kerja keras tim dalam mempersiapkan perlombaan Shell Eco Marathon 2024 Asia Pacific and Middle East region. Terdapat beberapa perubahan pada mobil ini yang pertama adalah livery yang melambangkan warna ITS Team Sapuangin, yakni merah dan biru serta karakter buaya serta ikan hiu yang melambangkan kota Surabaya. Bodi kendaraan baru yang terbuat dari single layer carbon fiber yang diyakini mampu meningkatkan aerodinamis dari kendaraan serta beberapa part pada kendaraan yang semula berbahan metal diganti dengan bahan carbon. diharapkan bahwa dengan adanya pembaharuan pada kendaraan kami, kami mampu kembali memperoleh juara pertama pada lomba Shell Eco Marathon 2024 pada tanggal 2 hingga 6 Juli yang diadakan di sirkuit Mandalika, Lombok, Indonesia. 

Mewakili Rektor ITS, Direktur Kemahasiswaan ITS Dr Imam Abadi ST MT dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya dan akan terus mendukung salah satu tim mobil hemat energi kebanggaan ITS ini. Imam berharap agar tim Sapuangin ITS dapat tetap mempertahankan juara pada ajang internasional tersebut. “Semoga, usaha yang telah ditorehkan selama ini mampu membuahkan hasil gemilang yang dapat mengharumkan nama almamater kebanggaan,” ucapnya.

Di sisiGeneral Manager (GM) Tim Sapuangin ITS Rayhan Naufal Hafizh menjelaskan, pada ajang SEM tahun ini timnya mengikuti dua kategori kompetisi, yaitu Off Track dan On Track. Pada kategori Off Track, tim Sapuangin ITS telah mengikuti beberapa subkompetisi, yaitu Data Telemetry, Simulate to Innovate, Carbon Footprint, dan Technical Innovation. “Kategori ini lebih merujuk pada inovasi yang akan diimplementasikan untuk mobil yang mau dibawa di lapangan nantinya,” jelasnya.