Enrichment Program Wadah untuk Meningkatkan Soft Skill Anggota BEM ITS

Kegiatan Hari Pertama Enrichment Program

Kegiatan Hari Pertama Enrichment Program

Kegiatan Hari Pertama Enrichment Program
Kegiatan Hari Pertama Enrichment Program

Badan Eksekutif Mahasiswa ITS kembali melakukan Enrichment Program untuk anggota yang diselenggarakan oleh Kementerian Manajemen Talenta. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kondisi pandemi membuat agenda ini dilaksanakan secara daring. Kementerian Manajemen Talenta menginisiasi pengembangan baru melalui konsep Continuous Performance Management, dimana dasar pengembangan bukan hanya berfokus pada kebutuhan organisasi namun juga kebutuhan anggota.

Tujuan diadakannya kegiatan “Enrichment Program” adalah untuk meningkatkan pengetahuan keorganisasian dan kesadaran isu sosial politik serta pengembangan yang didasarkan pada umpan balik anggota. Sebelum pelaksanaan kegiatan, Kementerian Manajemen Talenta membagikan talent review yang berisi mengenai need improvement dari setiap staff, kemudian data tersebut yang menjadi dasaran dalam penentuan salah satu materi yang disampaikan saat pelaksanaan enrichment program.

Materi Communication & Personal Branding oleh Head of R&D Pemimpin.id
Materi Communication & Personal Branding oleh Head of R&D Pemimpin.id

Enrichment Program dilaksanakan selama 2 hari, yaitu hari pertama pada Minggu, 14 Februari 2021 dan hari kedua pada Selasa, 18 Februari 2021.  Hari pertama, tema yang diangkat adalah “Effective Collaboration dan Build Strong Teamwork” menghadirkan Naufal Fathin, CEO Widyaedu, materi yang disampaikan adalah mengenai pentingnya untuk terus belajar baik sebagai organisasi maupun sebagai penggerak organisasi melalui banyak kajian teoritis dan study case. Selain itu Naufal juga menyampaikan mengenai maintenance talent di organisasi khususnya di Widyaedu yang dipantau melalui platform trello. 

Selain menghadirkan Naufal Fathin, di hari pertama juga hadir Nur Fauzan, Head of Research and Development Pemimpin.id, yang menyampaikan mengenai Communication and Personal Branding, bagaimana cara anggota menyusun konsep komunikasi organisasi dengan baik agar tidak terjadi salah tafsir terhadap audience maupun internal organisasi itu sendiri. Selain itu disampaikan pula cara membangun brand identity agar mendapatkan engagement reach audience yang lebih tinggi.

Pada hari kedua, Enrichment Program diisi oleh Bhima Yudistira selaku ekonom INDEF dengan membawakan tema “Awareness in Public Policy and Political Issues”. Mas Bhima memiliki ketertarikan di dunia politik sejak SMA, harapannya dengan hadirnya Mas Bhima dapat menambah awareness pengurus BEM ITS mengenai isu-isu sosial politik mengingat ranah BEM ITS yang juga sosial politik.

Enrichment Program ini diharapkan dapat menambah knowledge talent BEM ITS untuk mempersiapkan kepengurusan selanjutnya. (septi/MT)

Related Posts

Comments (0)

Leave a Comment