Kulik Isu Menarik, BEM ITS Suguhkan Tayangan Informatif Lewat Suara KM

Cuplikan suara KM episode 7 di kanal Youtube BEM ITS

Cuplikan suara KM episode 7 di kanal Youtube BEM ITS

BEM ITS, Surabaya – Adanya beberapa isu hangat yang kerap menjadi perbincangan baik di kalangan Keluarga Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (KM ITS) maupun Indonesia memang perlu dikaji untuk mengetahui kebenarannya. Guna mewadahi hal tersebut, maka Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) ITS membuat suara KM.

Menurut Marissa Naomi Juliana Ambarita, penanggung jawab dari program kerja (proker) Suara KM mengatakan bahwa proker garapan Departemen Komunikasi Strategis (Komstrat) ini hadir di setiap kepengurusan. Suara KM dibuat untuk membahas isu-isu menarik yang dikemas dalam sebuah video dengan konsep wawancara. Tahun ini suara KM merilis dua episode melalui kanal Youtube BEM ITS. "Episode 7-8 akan hadir dalam Kabinet Unjuk Asa ini," tuturnya.

Mahasiswa yang kerap disapa Naomi ini menerangkan bahwa pada episode ke-7, suara KM mengusung topik wisuda drive thru yang baru pertama kali digelar di ITS, permasalahan susu di Gerigi ITS 2021, beberapa mini games, serta perbincangan ringan bersama mahasiswa baru dan mahasiswa yang baru saja lulus. "Sebenarnya tidak ada kriteria khusus dalam pemilihan topiknya, tapi memang saat itu topik-topik inilah yang lagi hangat menjadi bahan perbincangan," ungkapnya.

Menambahkan hal tersebut, Naomi juga mengatakan bahwa suara KM juga ingin menyoroti podcast milik Ini Lho ITS (ILITS) 2021. Hal ini dilakukan sebagai upaya tambahan untuk mempromosikan dan mempublikasikan ILITS 2021. "Sehingga kami mengundang beberapa teman dari ILITS sebagai narasumbernya," katanya.

Naomi menjelaskan bahwa dalam proses penggarapannya memanglah tidak mudah. Diperlukan diskusi mendalam terkait pemilihan topik, narasumber, tempat pengambilan gambar, dan cara publikasi. Mengingat Suara KM bukan hanya menjadi informasi saja bagi KM ITS tetapi juga dapat menjadi salah satu tontonan menarik dan menghibur. "Sehingga walaupun mengangkat topik yang sedang hangat tapi kami mengemasnya dengan konten yang lebih ringan agar penonton menikmati tayangan kami," jelasnya.

Mahasiswa angkatan 2019 ini menyebutkan bahwa pada episode ke-8 suara KM akan lebih membahas mengenai Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang akan digunakan untuk memasuki smart gate ITS, Co-working Space ITS yang semakin eksis, dan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbud Ristek) Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS). "Saat ini masih dalam proses penggarapan dan akan segera tayang di Youtube BEM ITS," paparnya.

Dengan konten yang disuguhkan dan cara publikasi yang dipilih, maka mahasiswa Departemen Teknik Transportasi Laut ini berharap agar tayangan Suara KM semakin meningkat dan dapat menjadi wadah diskusi di kalangan KM ITS. Selain itu Ia juga berharap agar suara KM di kepengurusan selanjutnya dapat  menyuguhkan informasi yang lebih informatif, pengemasan yang lebih menarik, dan publikasi yang lebih baik. "Semoga tujuan dari dibuatnya suara KM ini dapat dirasakan bagi semua yang menonton terutama KM ITS," harapnya memungkasi. (dila)

Related Posts

Comments (0)

Leave a Comment